Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Muara Enim Gelar Lomba Mendongeng dan Pidato Tingkat Pelajar

MUARA ENIM – Ratusan pelajar dari tingkat SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Muara Enim terlihat antusias mengikuti lomba mendongeng dan pidato yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim, bertempat di Ball Room Hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim yang berlangsung selama tiga hari dari 28-30 Maret 2017.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim Ir Maryana mengatakan diharapkan melalui lomba mendongeng dan pidato ini dalam mengasah kemampuan para pelajar serta menumbuh kembangkan semangat dan motivasi minat budaya baca khususnya mengenai cerita rakyat.

“Kita berharap ajang ini dapat mengasah kemampuan pelajar dalam berpidato dan berbicara didepan khalayak ramai. Serta terus menumbuhkan minat baca khususnya mengenai cerita rakyat yang harus terus dilestarikan,” ucap Maryana saat penutupan lomba, Kamis (30/03/2017).

Mariana menerangkan, melalui ajang ini pihaknya menjaring beberapa siswa berbakat untuk diadu kembali ditingkat provinsi maupun nasional. Dalam hal ini, penyelenggara menerjunkan tim juri dari Kasi Kurikulum Paud dan Non Formal, Pengawas SD dan SMP, serta guru kesenian dan Guru Bahasa Indonesia.

“Para pemenang akan kita ikutkan pada lomba mendongeng dan pidato tingkat provinsi dan juga nasional. Oleh karena itu, kita akan melakukan penilaian secara obyektif dan transparan sesuai dengan bakat dan kemampuan mereka,” terangnya.

Tampak salah seorang pelajar saat menunjukan kemampuannya dalam berpidato dan mendongeng

Sementara itu, Bupati Muara Enim Ir H Muzakar Sai Sohar saat menutup lomba mengatakan untuk mengembangkan budaya baca dikalangan generasi muda perlu strategi atau upaya yang tepat serta berkesinambungan salah satunya melalui lomba mendongeng dan pidato ini.

Bupati menjelaskan, sesuai dengan undang-undang Nomor 20 tahun 2003 disebutkan tujuan pendidikan adalah untuk mengembangkan ke mampuan potensi anak bangsa agar terwujud sumber daya manusia yang kompetitif dalam era globalisasi.

“Oleh sebab itu, penyelengara pendidikan harus memenuhi beberapa prinsip antara lain sebagai proses pemberdayaan serta pengembangan minat baca melalui lomba Pidato dan lomba mendongeng,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan, pemenang lomba pidato tingkat SD, Juara satu diraih SD Negeri 13 Lawang Kidul atas nama Hellen Sapa Ringga, Juara dua SD Negeri Gelumbang atas nama M.Taupiq Rahman dan Juara tiga diraih SDN 13 Lawang Kidul atas nama Nyimas Dian Ayu Pratiwi.

Untuk lomba mendongeng tingkat SD, juara satu diraih SD Negeri 26 Lawang Kidul atas nama Tasya Neiza Putri, Juara dua SD Negeri 18 Muara Enim atas nama Alpiqah Syakinah dan Juara tiga SD Lematang Lestari atas nama Intan Azhar Rahmadhani.

Lomba pidato tingkat SMP, Juara satu SMP Negeri 3 Muara Enim atas nama Ananda Cecilia Reboca, Juara dua SMP Nurul Qur’an Tanjung Enim atas nama M. Fahtir Akromy dan Juara tiga MTS Negeri Muara Enim atas nama Repani Hanizaelza.

Untuk lomba mendongeng, Juara satu SMP Negeri 3 Muara Enim atas nama Reva Amelia, Juara dua SMP Negeri 5 Muara Enim atas nama M.Shandy dan juara tiga SMPN 2 Lawang Kidul atas nama Riski Tamara.

Lomba Pidato tingkat SMA, Juara satu SMA Negeri Muara Enim atas nama Nabila Herlin, Juara dua SMAN Ujan Mas atas nama Dori Saputra dan Juara tiga SMK N 1 Muara Enim atas nama Andrean P.

Untuk lomba mendongeng Tingkat SMA, Juara sayu SMA N 1 Muara Enim atas nama Gita Anggraini, Juara dua SMA Bukit AsamTanjung Enim atas nama Muara Lita dan Juara III SMA Bukit Asam atas nama Ira Lestari. (Kalvin)

Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar didampingi Kadin Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Muara Enim Ir Maryana saat menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan