Mualaf Ini Bangun Masjid Termegah di Muara Enim

MUARA ENIM – Untuk saat ini, Masjid Al Baniah yang terletak dipinggir jalan lintas sumatera (Jalinsum) Desa Ujanmas Lama Kecamatan Ujanmas Kabupaten Muara Enim merupakan masjid termegah yang ada di Kabupaten Muara Enim. Masjid ini memiliki lima kubah yang indah dan berwarna-warni.

Masjid yang pembangunannya diperkirakan menelan dana milyaran rupiah tersebut, ternyata dibangun oleh seorang mualaf atau orang yang baru masuk agama islam keturunan Tionghoa bernama Muhammad Teguh. Dirinya masuk islam sekitar tahun 1992 lalu.

“Alhamdulilah, hari ini Masjud Al Baniah sudah dapat difungsikan oleh masyarakat untuk beribadah dan kegiatan keagamaan lainnya. Pembangunan masjid ini berlangsung selama dua tahun,” tutur Muhammad Teguh saat dibincangi disela-sela acara peresmian Masjid Al Baniah oleh Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar, Jumat (31/03/2017).

Teguh mengaku, atas izin Allah SWT pembangunan masjid ini murni dari dana pribadinya. Meski dibangun dengan megah, pengusaha ini ketika ditanya rinciaan biayanya dia hanya tersenyum dan mengatakan biarlah dirinya dan Allah yang tau.

Teguh juga menceritakan perihal pemberian nama masjid, yang berawal dari keinginannya memberi nama Masjid tersebut dengan nama Masjid Nabawi. Karena berharap masjid layaknya seperti Masjid Nabawi yang ramai dikunjungi jemaah.

“Namun, atas saran tokoh agama di Palembang sebaiknya jangan dinamakan dengan nama tersebut karena Masjid Nabawi sudah menjadi masjid bersejarah bagi umat Islam,” terangnya.

Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar saat peresmian Masjid Al Baniah menyampaikan, bahwa dirinya berharap agar masjid tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal oleh warga sekitar bahkan bagi para pengendara yang melintas jalan lintas sumatera untuk singgah menunaikan salat di masjid ini.

“Bentuk masjid ini sangat indah dan megah jika dilihat dan lokasinya pun strategis yang terletak di pinggir jalan lintas. Masjid ini dibangun oleh seorang warga yang juga merupakan seorang mualaf. Jadi sudah seharusnya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan diisi dengan berbagai kegiatan ibadah,” harap Muzakir.

Dalam peresmian Masjid Al Baniah, hadir pula penceramah kondang Ustadz H Taufik Hasnuri asal Palembang, Ketua Komisi I DPRD Muara Enim Faizal Anwar, Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Djamaludin, dan unsur SKPD di lingkup Pengkab Muara Enim. (Ws/ Kalvin)

Muhammad Teguh pose bersama Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan