PT TeL PP Komitmen Wujudkan Pendidikan Berkualitas

Foto : pemberian bantuan kepada siswa-siswi YPTeL

MUARA ENIM — Sebagai komitmen Perusahaan PT Tanjungenim Lestari Pulp and Paper (PT. TeL PP) melalui Yayasan Pendidikan Tanjung Enim Lestari (YPTeL) untuk mendukung pendidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak pekerja dan masyarakat sekitar pabrik.

YPTeL setiap akhir tahun pelajaran melakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online. Khusus Penerimaan Peserta Didik Baru untuk tahun ajaran 2021/2022 telah dilaksanakan mulai bulan Mei – Juni 2021 di masing-masing sekolah.

Untuk PG/TK Lematang Lestari Pendaftaran dimulai pada tanggal 19-23 April 2021 dan pengumuman peserta didik yang diterima di PG/TK Lematang Lestari sudah selesai dilaksanakan pada tanggal 27 April 2021 secara online di hhtps://sites.google.com/view/pgtkll dengan jumlah peserta didik baru yang diterima di PG/TK Lematang Lestari tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 57 anak dengan komposisi: anak Pekerja 16 % dan 64 % anak – anak dari masyarakat sekitar PT TeL PP.

Sementara, SD Lematang Lestari
Tahun Ajaran 2021/2022 kembali membuka pendaftaran peserta didik baru untuk kelas I dilakukan secara online melalui https://sites.google.com/view/sdlematanglestari.

Calon peserta didik baru yang dinyatakan diterima sudah diumumkan secara online pada tanggal 31 Mei 2021 dengan komposisi peserta didik baru tahun pelajaran 2021/2022 yang mana komposisinya anak Pekerja sebesar 34% dan anak dari masyarakat sebesar 66%.

Foto : Proses penerimaan siswa baru di TPeL

Diterangkan, Siswanto selaku Head of External Relation Department PT TeL PP bahwa proses daftar ulang sudah dilaksanakan pada tanggal 2 – 4 Juni 2021. Dimana para calon peserta didik SD Lematang Lestari akan mengikuti persiapan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) pada tanggal 12 Juli 2021 mendatang.

Sementara, SMP Lematang Lestari
Tahun Pelajaran 2021/2022 kembali membuka pendaftaran peserta didik baru untuk kelas VII yang dilakukan secara online melalui web : http://smplematanglestari.sch.id /ppdb
Proses pendaftaran dibagi menjadi 2 gelombang. Untuk gelombang 1 (dikhususkan untuk anak pekerja PT TeL PP) dibuka pada tanggal 24 – 27 Mei 2021 dan diumumkan pada tanggal 31 Mei 2021. Pendaftaran ulang pada tanggal 2-3 Juni 2021.

Gelombang 2 (untuk masyarakat umum) dilaksanakan pada tanggal 21 – 24 Juni 2021. Melalui seleksi nilai minimal 80,00 dilanjutkan dengan tes akademik pada tanggal 1 Juli 2021 dan wawancara. Pengumuman hasil akhir pada tanggal 6 Juli 2021.

“Sebagai informasi saat ini, komposisi jumlah peserta didik SMP Lematang Lestari adalah 49% anak pekerja dan 51% anak-anak dari masyarakat sekitar. Peserta didik SMP Lematang Lestari akan mengikuti persiapan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) pada tanggal 9 Juli 2021,” ungkapnya, Kamis (01/07/2021) dalam siaran persnya.

Lanjut Siswanto, kebutuhan akan pentingnya pendidikan diakomodasi oleh PT TeL PP dengan menyediakan fasilitas pendidikan yang berkualitas dan mendukung berbagai bentuk kegiatan pendidikan yang bertujuan untuk membangun SDM secara menyeluruh bagi anak Pekerja dan masyarakat.

“Hal ini sejalan dengan visi Perusahaan untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan dalam industri pulp dan kertas dan beroperasi secara harmonis dengan semua pemangku kepentingan untuk menciptakan kemakmuran jangka panjang dan kualitas hidup yang lebih baik,” terangnya.

Foto : pose bersama pengurus YPeL dan Managemen PT. TeL PP

Lebih lanjut, Siswanto menerangkan beberapa program Pendidikan yang telah dilakukan oleh CSR PT TeL PP diantaranya program beasiswa untuk putra-putri yang berasal dari desa-desa sekitar perusahaan untuk jenjang Pendidikan D3 di ATPK (Akademi Teknologi Pulp dan Kertas) Bandung (Angkatan 2008 = 3 orang, 2010 = 6 orang, 2011 = 3 orang dan 2016 = 4 orang) dan Politeknik Sriwijaya – Palembang (2016 = 5 orang, 2017 = 10 orang, dan 2018 = 5 orang).

“Setelah lulus, penerima beasiswa ini juga ikatan dinas dan direkrut sebagai pekerja PT TeL PP,” jelasnya.

Kemudian Siswanto mengatakan, program pemberian perlengkapan sekolah seperti tas, buku, dan alat tulis. Untuk siswa SD – SMA di 28 desa area 1-3 dan desa non area yang ada di sekitar perusahaan.

“Pendirian YP TeL awalnya dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan akan pendidikan bagi anak-anak pekerja PT TeL PP.  Dan dalam perjalanannya, sekolah yang ada di bawah YP TeL tidak hanya diperuntukkan bagi anak pekerja PT TeL PP. Namun juga bagi anak non pekerja yang berasal dari desa sekitar sekolah.  Bahkan saat ini komposisi jumlah anak non pekerja atau masyarakat umum yang ditampung di sekolah YP TeL mencapai 66%,” jelasnya.

Selanjutnya, Siswanto mengatakan semua perlengkapan dan biaya sekolah dibiayai oleh Perusahaan melalui Yayasan dan Dana BOS, sehingga tidak ada biaya yang dikeluarkan oleh orang tua peserta didik. Dimana hingga kini jumlah peserta didik periode Mei 2021, 168 siswa TK dengan jumlah 11 kelas, 614 siswa SD dengan jumlah 21 kelas dan 289 siswa SMP dengan jumlah 9 kelas.

Lulusan siswa Lematang Lestari sudah menyebar di berbagai profesi seperti Dokter, Tentara, Polisi, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan berbagai profesi lainnya.

“Selanjutnya direncanakan tahun pelajaran 2021/2022 dimulai pada tanggal 12 Juli 2021 dan kita semua berdoa kepada Allah yang Maha Kuasa dan berharap agar pandemi COVID-19 bisa terkendali dan kita bisa melakukan proses belajar mengajar secara tatap muka terbatas di TK, SD dan SMP Lematang Lestari dengan mematuhi prosedur kesehatan,” pungkasnya. (Sw)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan