Segera Beroperasi, Bupati Muara Enim Beserta Rombongan Tinjau PGE Lumut Balai

Segera Beroperasi, Bupati Muara Enim Beserta Rombongan Tinjau PGE Lumut BalaiReviewed by adminon.This Is Article AboutSegera Beroperasi, Bupati Muara Enim Beserta Rombongan Tinjau PGE Lumut BalaiMUARA ENIM  – Dalam rangka akan beroperasinya Pertamina Geotermal Energi (PGE) Lumut Balai Desa Penindaian Kecamatan Semende Darat Laut (SDL) Kabupaten Muara Enim. Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM didampingi Wabup H Juarsah SH beserta rombongan melakukan kunjungan ke lokasi PGE Lumut Balai, Senin (19/08/2019). Turut mendampingi pada kesempatan itu, Ketua DPRD Aries […]

MUARA ENIM  – Dalam rangka akan beroperasinya Pertamina Geotermal Energi (PGE) Lumut Balai Desa Penindaian Kecamatan Semende Darat Laut (SDL) Kabupaten Muara Enim. Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM didampingi Wabup H Juarsah SH beserta rombongan melakukan kunjungan ke lokasi PGE Lumut Balai, Senin (19/08/2019).

Turut mendampingi pada kesempatan itu, Ketua DPRD Aries HB dan anggotanya, Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono, Kajari Muara Enim Mernawati SH M Hum, Kepala PUPR Ramlan Suryadi, Kadin Perdagangan, Camat SDU A Fauzi.

Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM dalam sambutannya mengatakan, sehubungan akan beroperasinya Geothermal Lumut Balai tahap satu berkapasitas 1×55 MW di Kabupaten Muara Enim. Maka, patut disyukuri karena ini adalah rahmat dari yang Maha Kuasa. Dimana proyek pembangkit ini, merupakan hasil energi geothermal dari Sumber Daya Alam (SDA) yang baru dan terbarukan. Dan mungkin tidak akan habis sepanjang masa.

“Dengan proyek ini, kami meyakini perusahaan PGE akan menjaga hutan-hutan yang ada dikawasan perusahaan. Sebab panas bumi yang kita miliki tidak terlepas dari tanaman-tanaman yang ada disekitar,  karena jika tanaman yang ada di hutan tersebut habis, maka bisa dipastikan panas bumi akan merosot,” ucap Bupati.

Kedepan, harap Bupati, dengan akan beropreasinya energi listrik dari panas bumi ini, maka diharapkan bisa memberikan kontribusi kepada pemerintah, bangsa dan negara dan khususnya bagi Pemerintah Kabupaten Muara Enim dan masyarakat disekitar perusahaan khususnya masyarakat di Semende.

“Diharapkan perekonomian masyarakat disekitar perusahaan akan lebih maju. Dan pengembangan ekonomi kreatif yang akan dilakukan dengan keberadaan Geothermal Lumut Balai, terutama terkait penerapan tenaga kerja sebagaimana saat ini sedang di dengungkan SDM Unggul Indonesia Maju,” harap Bupati.

Pimpinan Proyek (Pimpro) PT PGE Lumut Balai, Febrianus  Erydani pada kesempatan itu, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Bupati Muara Enim beserta rombongan ke PGE Lumut Balai. Semoga pertemuan ini, bisa berdampak positif bagi Pemkab Muara Enim, masyarakat sekitar dan PT PGE sendiri.

Febrianus menerangkan, PT PGE Lumut Balai terletak di Desa Penindaian Kecamatan Semendo Kabupaten Muara Enim Propinsi sumatera Selatan, terletak sekitar 108 KM dari Kota Baturaja dimana kegiatan pemboran ekplorasi dimulai pada tahun 2008.

“Kita targetkan PLTP Unit 1 dan 2 dengan kapasitas masing-masing  55 MW akan beroperasi komersial pada tahun 2019 dan pada tahun 2021,” terangnya.

Semenjak pengeboran sumur ekplorasi yang dimulai pada tahun 2008 dan sampai tanggal 28 Oktober 2018, lanjut Febrianus, perusahaan sudah melakukan pengeboran sebanyak tiga sumur ekplorasi, 19 sumur produksi dan delapan sumur reinjeksi untuk pengembangan PLTP Unit 1 dan 2 ( 2 X 55 MW ), dan satu sumur ekplorasi untuk pengembangan PLTP Unit 3 dan 4 ( 2 x 55 MW ).

“Kita juga berkomitmen soal bagi hasil, produksi, CSR dan lain sebagainya. Sehingga bisa memberikan dampak positif bagi semua pihak. Dan ini akan kami bawa saat rapat di Jakarta,” pungkasnya.

Sementara itu, Goverment Relation Division_ PT PGE Lumut Balai, Ryan Dwi Gustriandha kepada kabarmuaraenim.com mengatakan, terkait tentang perizinan mengatakan bahwa, saat ini pihaknya sudah mempunyai  empat Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH). Dan termasuk izin lingkungan yang di keluarkan pemerintahan daerah.

“Kemudian soal pembukaan lahan atau cluster, pembukaan  sumur, eklporasi, sarana pipa uji dan pendukung lainnya termasuk pembangunan infrastruktur kantor itu semuanya tercover dalam IPPKH dikarenakan kegiatan berada dikawasan hutan lindung,” ucapnya.

Dikatakan Ryan,  saat ini Lumut Balai sudah melakukan kegiatan pemboran ekplorasi  dan ekploitasi untuk mendukung  dua unit. Dan sudah dipersiapkan sumur untuk mendukung unit dari sumur yang telah ada saat ini  1 x 55 MW.

“Selanjutnya setelah Commissioning dan diresmikan oleh pemerintahan, kita akan melanjutkan target kedua pembangunan dengan kapasistas  1x 55 MW di tahap dua,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim Areis HB diwakili Faisal Anwar, SE mengatakan dengan keberadaan perusahaan pertamina dalam  mengelola Geothermal ini. Nantinya sudah barang tentu berharap banyak akan adanya kontribusi dalam membangunan masyarakat dan andil meningkatkan tarap hidup ekonomi dan mensejahterakan rakyat .

“Oleh sebab itu, terang  Faizal dengan kehadiran anggota DPRD bersama Bupati dan Wakil Bupati bersama Forum Komunikasi Daerah mensuport kepada PGE sekaligus peran apa yang dihasilkan PGE itu juga bisa dinikmati masyarakat,” ucapnya.

Disamping terkait soal keamanan di Kabupaten Muara Enim khususnya di areal perusahaan Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwuno S Ik menyampaikan,  saat ini sangat aman dan kondusif, ini berkat upaya dan kerjasama antara masyarakat dengan perusahaan dan pihak kepolisian .

“Dan berharap kedepan, terutama pada saat beroperasi jalinan antara masyarakat, perusahaan dan pihak keamanan harus selalu bersinergi sehingga seandainya terjadi persoalan-persoalan yang timbul bisa di atasi bersama,” tegas Afner. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan