Bupati Muara Enim Pimpin Upacara Hardiknas Tahun 2019

By: On:

MUARA ENIM – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Muara Enim menggelar upacara bendera, bertempat di Lapangan Merdeka Muara Enim, Kamis (02/05/2019).

Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM didaulat menjadi inspektur upacara. Dalam amanatnya, Bupati Ir H Ahmad Yani MM saat membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI bahwa bangsa Indonesia baru saja berhasil melewati tahap puncak perhelatan Pemilihan Umum serentak, tanggal 17 April 2019 lalu.

Kini prosesnya masih berlanjut menuju penentuan akhir tanggal 22 Mei 2019 dilihat dari dari sudut pandang pendidikan, di dalam Pemilihan Umum harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara.

“Proses belajar pada hakikatnya adalah momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju ke kedewasaan. Dalam hal ini, semakin dewasa dalam berdemokrasi,” ucap Bupati.

Perlu diketahui bersama, bahwa terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional. Sesuai Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 13.

Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM saat menyerahkan hadiah kepada sekolah pemenang lomba karnaval budaya

Sebagaimana telah disampaikan oleh Presiden dalam banyak kesempatan, perhatian pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia. Di sini kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya.

Terkait dengan itulah, tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.”

Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan, guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

“Kita juga tidak dapat menutup mata terhadap berbagai keterbatasan yang masih ada dalam proses pembangunan pendidikan dan kebudayaan di tanah air. Kita masih dihadapkan pada kompleksitas masalah guru dan tenaga kependidikan.

Masih juga sering menjumpai kasus-kasus yang tidak mencerminkan kemajuan pendidikan, betapapun pemerintah senantiasa responsif dalam memecahkan masalah-masalah tersebut selaras dengan paradigma pendidikan.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional. Teruslah bersemangat dan tulus menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan Indonesia. Semoga Allah, Tuhan Yang Maha Mulia, Maha Pemberi Anugerah, selalu meridhai ikhtiar kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa kita tercinta,” ucapnya. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan