Kenalkan Budaya Daerah, Pemkab Muara Enim Gelar Karnaval Budaya

MUARA ENIM – Kekayaan budaya yang di miliki suatu daerah bisa menjadi modal dalam mempromosikan khazanah budaya tersebut, baik kepada wisatawan lokal maupun manca negara.

Inilah yang digaungkan Pemerintah Kabupaten Muara Enim dalam mengangkat potensi daerah, agar lebih dikenal luas oleh wisatawan dengan menggelar berbagai festival yang di kemas dalam Colorful Muara Enim Festival 2019.

Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM didampingi Wakil Bupati H Juarsah SH dan Sekretaris Daerah (Sekda) Ir H Hasanuddin, Sabtu, (27/04/2019) sekitar pukul 8.00 WIB secara resmi membuka dan melepas kegiatan festival Karnaval Budaya Kabupaten Muara Enim.

Festival Budaya yang digelar selain sebagai bagian dari  Colorfull Festival juga dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019.

Kegiaan festival budaya tersebut diikuti para peserta utusan dari berbagai kecamatan dalam wilayah Kabupaten Muara Enim. Seperti siswa Sekolah Dasar (SD), SMP/MTS, SMA/SMK, Komunitas, dan juga peserta berasal masyarakat umum yang ada di kabupaten Serasan Sekundang.

“Tujuan diselenggarakannya kegiatan Festival Budaya Kabupaten Muara Enim adalah untuk mengaktualisasikan dan melestarikan berbagai budaya di tengah masyarakat khusus di Kabupaten Muara Enim,” tutur Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM dalam sambutannya.

Salah satu peserta karnaval dari kecamatan di Kabupaten Muara Enim

Disamping itu, jelas Yani, digelarnya festival ini dalam rangka untuk memajukan budaya nasional ditengah peradaban yang begitu cepat berubah dan menjadikan kebudayaan ini sebagai investasi dimasa depan.

“Dan pada akhirnya nanti, lanjut Yani, dapat mewariskan  kepada anak cucu dimasa yang akan datang,” harap Bupati.

Sementara itu, H Sartimin SIP MM selaku pemerhati pendidikan sangat mengapresiasi kegiatan festival karnaval budaya yang dikemas dengan menampilkan berbagai macam corak dan warna adat dari berbagai wilayah dalam kabupaten Muara Enim.

Sartimin juga mengharapkan supaya di jadwal secara terencana dan berkesinambungan dalam satu wadah agar lebih  fokus mengangkat berbagai fotensi daerah ini.

“Ini perlu dilakukan sebab jika mereka khususnya para pemuda dan pelajar akan bisa terhindar dari hal yang negatif seperti tauran dan penyalahgunaan narkoba dan lainnya. Pungkas Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Muara Enim,” terangnya. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan