Ukir Prestasi, Kontingen KTNA Kabupaten Muara Enim Wakili Sumsel pada Penas KTNA-XV Aceh

By: On:

MUARA ENIM – Prestasi gemilang berhasil diukir Kontingen Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Muara Enim yang berhasil mewakili Provinsi Sumatera Selatan dalam ajang Pekan Nasional (Penas) KTNA Ke-XV Aceh.

Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Muara Enim, Kani Da’ah dan Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Pertanian, Ulil Amri SPdi melepas secara resmi Kontingen KTNA Kabupaten Muara Enim yang berjumlah 40 orang, bertempat Halaman Pemkab Muara Enim, Rabu (03/05/2017).

Adapun tema Penas kali ini “Melalui Penas, Petani dan Nelayan XV 2017 Kita Mantapkan Kelembagaan Tani Nelayan dan Petani Hutan Sebagai Mitra Kerja Pemerintah Dalam Rangka Kemandirian, Ketahanan dan Kedaulatan Pangan Menuju Kesejahteraan Petani Nelayan Indonesia”.

Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar saat menyampaikan sambutannya

“Alhamdulillah, Kabupaten Muara Enim menjadi wakil satu-satunya dari Provinsi Sumsel untuk ikut Penas KTNA di Aceh. Kegiatan yang berlangsung dari 6 – 11 Mei 2017 tersebut akan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi,” tutur  Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Muara Enim, Kani Da’ah didampingi Kabid Sarana dan Prasarana Pertanian, Ulil Amri SPdi.

Dirinya menerangkan, bahwa 40 orang peserta perwakilan Kabupaten Muara Enim tersebut adalah orang-orang pilihan yang telah mengukir prestasi sebagai juara pertama dalam lomba merangkai bunga dan merangkai alat pertanian tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di Kota Lubuk Linggau beberapa waktu lalu.

kegiatan ini merupakan forum pertemuan yang telah berlangsung sejak tahun 1971 serta menjadi bagian yang sangat strategis dalam upaya membangun kesepahaman diantara berbagai stakeholder sektor pertanian maupun perikanan.

Penas kali ini, tambahnya, mengusung tema Melalui Penas, Petani dan Nelayan XV 2017 Kita Mantapkan Kelembagaan Tani Nelayan dan Petani Hutan Sebagai Mitra Kerja Pemerintah Dalam Rangka Kemandirian, Ketahanan dan Kedaulatan Pangan Menuju Kesejahteraan Petani Nelayan Indonesia.

Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar saat melepas Kontingen Penas KNTA Kabupaten Muara Enim 

“Kegiatan ini adalah wadah atau sarana belajar mengajar, tukar menukar informasi serta pengembangan kemitraan dan jejaring kerjasama antara petani, nelayan, petani hutan, peneliti, penyuluh, pihak swasta dan pemerintah,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar meminta kepada Kontingen KTNA Kabupaten Muara Enim agar berpartisipasi dan berperan aktif Dalai mengikuti seluruh rangkaian kegiatan tersebut. Sehingga, lanjut dia, tujuan dan sasaran yang diharapkan dapat dicapai secara maksimal, selanjutnya bisa diterapkan dan dikembangkan di Bumi Serasan Sekundang.

Bupati mengucapkan terimakasih kepada para petani dan penyuluh Kabupaten Muara Enim yang tergabung dalam Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Muara Enim karena telah mampu mencapai swasembada pangan yang sangat baik.

“Saya berharap Kontingen KTNA Muara Enim bisa keluar sebagai juara  umum di tingkat nasional. Jika harapan itu terwujud, maka sebagai ucapan syukur dan terima kasih, para peserta yang tergabung dalam Kontingen KTNA Muara Enim akan diberi hadiah umroh,” ucap Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar dalam sambutannya.

Selain itu, Bupati berpesan agar para peserta Penas dari Kabupaten Muara Enim untuk selalu menjaga kesehatan. Kegiatan ini merupakan pertemuan petani, nelayan dan petani hutan sebagai ajang silaturahmi, tukar informasi dan pengalaman.

“Saya meminta kepada seluruh tim yang tergabung dalam kontingen bisa menjalin komunikasi yang baik dengan seluruh kontingen yang ikut serta. Jadikan ajang ini, selain kompetisi juga sebagai ajang silaturahmi, tukar informasi dan pengalaman antar sesama kontingen dari daerah lain,” ucapnya. (ADV Humas & Prokol Pemkab Muara Enim/ Kalbadri)

Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar bersama tamu undangan lainnya saat memanjatkan doa bagi Kontingen Penas KTNA Kabupaten Muara Enim

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan