Tari Telasan Siswi SMK BM Wakili Muara Enim Tingkat Provinsi

TANJUNG ENIM, Siswa-siswi SMK Bina Mulya (SMK BM) Tanjung Enim telah menorehkan berbagai prestasi, baik dibidang akademik maupun non akademik seperti kesenian dan olahraga. Salah satunya seni tari telasan yang diperagakan siswi SMK BM saat acara pelepasan siswa kelas XII di sekolah beberapa waktu lalu.

Tari tersebut terpilih menjadi juara satu tingkat Kabupaten Muara Enim dan mewakili Kabupaten Muara Enim pada lomba seni tari tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

“Tari kain telasan yang dibawakan siswi SMK Bina Mulya itu sudah tampil sampai tingkat Provinsi Sumatera Selatan. Juara pertama tingkat Kabupaten Muara Enim,” tutur Umi Kalsum didampingi Nina Haryani sebagai pembina kesenian, Selasa (16/05/2016).

Tari telasan (basahan) itu, terangnya, menggambarkan sebuah tradisi warga Sumatera Selatan, terutama mereka yang tinggal ataupun bermukim di sekitar sungai. Gambaran gadis-gadis desa sedang mencuci baju di sungai dengan menggunakan kain, yang sering disebut dengan kain telasan.

Dikatakan Umi Kalsum, SMK Bina Mulya Tanjung Enim mempunyai sanggar seni untuk menyalurkan bakat seni siswanya, terutama kesenian tari tradisional ataupun tari kreasi modern. Disamping itu juga, dengan adanya sanggar seni ini juga untuk melestarikan kebudayaan asli daerah yang ada di Sumatera Selatan, khususnya di Kabupaten Muara Enim.

“Disamping sanggar ini melatih anak dalam pembelajaran seni dan mengeluarkan bakatnya, mereka juga bisa mengenalkan kesenian daerah kepada masyarakat maupun instansi yang melihatnya,” ucap Umi.

Sementara itu, Kepala SMK Bina Mulya Hj Nurhikmah Hasani SPdi mengatakan selain fokus bidang akademik, SMK Bina Mulya juga fokus pembinaan siswa bidang non akademik. Diantaranya, olahraga, keagamaan, dan kesenian. Menurutnya, tidak sedikit siswa didiknya sampai mendapatkan prestasi hingga tingkat nasional.

“Memang tidak pendidikan di SMK Bina Mulya ini tidak hanya fokus pada akademik saja. Tetapi bidang non akademik juga kita lakukan pembinaan sesuai dengan bakat para siswa. Siswa disini bebas memilih kegiatan ekskul yang diminati, dan sekolah menyediakan dana dan pembinanya,”ungkap Nurhikmah. (Kalvin)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan