Meski Terletak di Pelosok, Puskesmas SDU Banyak Meraih Prestasi

SDU – Meski letaknya pelosok pegunungan Semendo,Puskesmas Kecamatan Semendo Darat Ulu (SDU) ternyata memiliki banyak prestasi. Apalagi semenjak pimpin oleh H Hairil Jonson SKM, selain jabatan kepala puskesmas, jabatannya juga sebagai Kepala UPTD Kesehatan SDU.

Deretan prestasi yakni, puskesmas terbersih tingkat Kabupaten Muara Enim (2013), tahun 2014 meraih terbaik 3 Desa PHBS tingkat Sumsel, Juara 1 Desa Siaga Kabupaten Muara Enim, Sekolah Sehat terbaik tingkat Kabupaten, penghargaan Inovator Kader Telinga Emas dan Pos berhenti merokok.

“Penghargaan dan prestasi ini berkat dukungan semua pegawai dan semua pihak dan dukungan Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim,”ungkap Jonson.

Dikatakan, inovasi yang di namakan Kader Telinga Emas ini digerakkan karena TB Paru merupakan salah satu penyakit yang menjadi target MDG’s untuk diturunkan. Berdasarkan data sepanjang tahun 2015 penemuan kasus baru TB Paru dengan BTA + sebanyak 17 orang dari 27 orang yang ditargetkan secara nasional ( 62,3% dari target yang diinginkan sebesar 70%). 

Hal ini terjadi peningkatan penemuan kasus baru penderita dengan BTA + dari tahun tahun sebelumnya. Selanjutnya berturut turut di tahun 2013 penemuan kasus BTA +1 orang dari target 25 orang (4,0%) kemudian 2014 penemuan kasus BTA +2 orang dari target 28 orang (7,2%).

Peningkatan di tahun 2015 karena adanya inovasi Gebarakan kader telinga emas yang di selenggarakan pada akhir tahun 2015 lalu. Keberhasilan yang cukup signifikan sebagai pelaku kesehatan masyarakat yang mampu melihat kondisi dan peluang untuk kepentingan kesehatan masyarakat.

Lanjut Jonson, Tahun 2016 ini juga ia mendapat prestasi sebagai  Kesehatan Masyarakat Teladan sebegai perawat kesehatan Kabupaten Muara Enim. Ia berharap prestasi dibidang ini dapat dilanjutkan hingga ke tingkat Provinsi Sumatera Selatan.(pur)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan