Perkumpulan Petani Porang P3N Sumsel Dikukuhkan

Foto : Proses pelantikan pengurus P3N Kabupaten Kota di Sumsel

MUARA ENIM – Kabupaten Muara Enim menjadi tuan rumah pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Perkumpulan Petani Penggiat Porang Nusantara (P3N) Sumatera Selatan, serta pengukuhan pengurus Dewan Pimpinan Cabang Kabupaten dan Kota oleh Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) P3N Ngakib Al Ghazali selaku Ketua umum.

Pelantikan secara sederhana, dengan protokol kesehatan Covid-19 itu berlangsung di Rumah Makan Dapur Nenek Jalan Tjik Agus Kiemas Muara Lawai, Sabtu (22/05/2021).

Hadir pengurus DPC P3N dari 7 Kabupaten dan Kota, antara lain Muara Enim, Lahat, Pagar Alam, Empat Lawang, Banyuasin, OKU, dan Kabupaten OKI.

Menurut Ketua Umum P3N, Ngakib Al Ghazali mengatakan, potensi budidaya tanaman umbi porang di Sumatera Selatan sangat baik, karena dukungan kontur tanah yang cocok. Ini bisa menjadi harapan baru komoditi pertanian di sumsel, dengan nilai tambah dari porang untuk kebutuhan pangan, industri, bahan farmasi yang sangat dibutuhkan hingga keluar negeri, seperti Singapura, Jepang, Australia, Cina, dan negara lainnya.

Foto : pose bersama

“Kita berharap Sumsel bisa menjadi Pioner, memberikan memotivasi daerah lainnya dalam budidaya dan usaha porang ini. Sehingga saya berharap Sumsel bisa menjadi sentra porang di Pulau Sumatera. Mulai dari penanamannya sampai kepada produksi, serta hilirisasinya,” terang Ngakib asli warga Wonosobo Jawa Tengah.

Tahap awal, ada sekitar 200 hektar lahan sudah ditanami porang yang tersebar di 7 Kabupaten Kota, diantaranya Muara Enim, Lahat, Pagar Alam, Empat Lawang, Banyuasin, OKU, dan Kabupaten OKI.

Diharapkan, dari tahap tahun pertama ini nantinya bisa menghasilkan bibit porang yang melimpah untuk memperluas lagi lahan porang hingga sampai seluruh wilayah daerah di Sumatera Selatan.

“Melalui P3N kami akan fasilitasi petani porang untuk menampung hasil pertanian untuk kebutuhan ekspor, serta akan kami dorong hilirisasinya, membangun pabrik pengolahan porang di Sumatera Selatan. Tentunya harus mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah masing-masing,” terang Ngakib.

Sementara itu, Ketua DPW P3N Sumsel, Sutrisno mengaku siap mendampingi para petani porang yang masih belajar untuk menjadi petani porang yang profesional.

Selanjutnya, sesudah pengukuhan pengurus P3N Se-Sumatera Selatan ini akan segera menjalin mitra dengan pemerintah Provinsi dan kabupaten Kota yang ada di Sumsel.

“Setelah ini kita akan segera menyusun agenda untuk audiensi dengan Gubernur, dan Road Show ke Daerah mensosialisasikan porang kepad petani dan pemerintah setempat,” ungkap Sutrisno. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan