Perusahaan di Muara Enim Diminta Berperan Cegah Corona

Foto : Plt Bupati Muara Enim saat memimpin rapat dengan unsur Muspida

 

MUARA ENIM – Menindaklanjuti Surat Plt Bupati Muara Enim Nomor: 440/08/KES/III/2020 Tentang PencegahanPenyebaran Virus Corona(COVID-19) di Kabupaten Muara Enim.

Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) melakukan Rapat Teknis Dinas/Instansi Kabupaten Muara Enim dalam menyikapi Status Darurat Bencana Total Covid-19, bertempat di Ruang Rapat Kantor Bappeda Muara Enim, Jumat (27/03/2020).

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH mengatakan pihaknya sangat serius dalam mencegah penyebaran Corona virus agar tidak meluas. karena penularan Corona virus ini diawali dengan kontak secara langsung, serta bersentuhan tangan.

“Kita meminta perusahaan di Kabupaten Muara Enim untuk mematuhi surat edaran yang telah dibuat, terlebih saat mengumpulkan massa dalam satu tempat. Untuk sementara menghentikan penggunaan serta penerimaan tenaga asing dari China (Tiongkok) yang ada di Kabupaten Muara Enim,” ucapnya.

Untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, lanjut Juarsah, diperlukan peran perusahaan dan pimpinan perusahaan yang ada di Kabupaten Muara Enim.

Juarsah menerangkan bahwa, pertama kepada petinggi atau pimpinan perusahaan baik BUMN/BUMS/BUMD untuk melakukan pembinaan dan pengawasan dibidang keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Kedua menyampaikan informasi dengan sebenarnya tentang apa dan penyebab dari  Covid-19 ini sehingga mereka pekerja semua bisa memahami minimal mengatahui terkait Covid-19.

“Dan ketiga mendata dan melaporkan ke instansi terkait jika ada karyawan yang terduga terindikasi Covid-19, jika terindikasi posisi Covid-19 dianjurkan kepada karyawan untuk melakukan pemeriksaan yang telak ditetapkan oleh standard Kemenkes RI,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Vivi Mariani SSi Apt M Bmd mengatakan, di Kabupaten Muara Enim sangat membutuhkan sekali yang namanya masker, serta kelengkapan APD (alat pelindung diri) lainnya.

“Untuk APD dan masker diperuntukkan untuk tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam melawan penyebaran Covid-19,” ucapnya. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan