Tembus 6 Besar Nasional, Ini Perjuangan Desa Sidomulyo Muara Enim

Tembus 6 Besar Nasional, Ini Perjuangan Desa Sidomulyo Muara Enim
Ketua TP PKK Muara Enim Hj Sumarni Ahmad Yani MM dan Wakil ketua TP PKK Muara Enim Hj Nurhilyah saat memperkenalkan salah satu kerajinan TP PKK Desa Sidomulyo kepada Tim Penilai Pusat

MUARA ENIM – Setelah melalui proses panjang, akhirnya Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Muara Enim  melalui Desa Sidomulyo Kecamatan Gunung Megang dinyatakan oleh Tim penilai TP PKK Pusat masuk nominasi enam besar dari 32 peserta yang mengikuti  Lomba Tertib Adminstrasi PKK Tingkat asional Tahun 2019.

Dengan telah menyandang predikat enam terbaik nasional tersebut, akhirnya Tim Penilai TP PKK Pusat diwakili Nurhaiti dan Komala Sari didampingi Wakil Ketua TP PKK Sumsel , Fauziah Mawardi Yahya, Jumat (22/06/19), langsung mengunjungi Kabupaten Muara Enim yang di pusatkan di Desa Sidomulyo Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan.

Ketua TP PKK Desa Sidomulyo, Sudaryati Ningaih S Pd SD menyampaikan bahwa Desa Sidomulyo Kecamatan Gunung Megang mayoritas penduduknya bermata pencaharian  sebagai petani sawit dan karet.

Saat ini, terangnya, masyarakat Desa Sidomulyo sudah mulai melakukan terobosan dan inovasi memberdayakan masyarakat yang di selaraskan dengan program pokok PKK desa yang dibagi kepada delapan kelompok.

Disamping itu, sambung Sudaryati, TP PKK Sidomulyo juga turut membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat diantaranya mewujudkan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dan menjaga kelestarian lingkungan. Sehingga di tahun 2017 melalui program Kampung Iklim meraih penghargaan Proklim Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Kemudian menggalakan minat baca dan latihan Inovasi melalui Perpustakaan Surya Enim dan tahun 2018 juga meraih juara harapan 1 tingkat nasional,” ucapnya.

Secara bersama, lanjutnya, Perpustakaan Desa Sidomulyo juga membuka warung jujur dalam rangka menampung dan memasarkan hasil keterampilan dan olahan masyarakat. Sekaligus meningkatkan pendapatan dan kesadaran serta kejujuran masyarakat yang akhirnya berdampak pada kesadaran masyarakat membayar PBB hingga mencapai 100 persen.

Dan masih banyak lagi berbagai terobosan dalam rangka meningkatkan peran serta kaum ibu untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Seperti manfaatkan lahan pekarangan menjadi produktif, bersih sehat dan asri seperti yang terlihat disekitar taman wisata Desa Sidomulyo.

“Selanjutnya melakukan pengelolaan sampah rumah tangga, membuat kebun percontohan seperti menanam sayuran baik melalui median tanah maupun sistem hidroponik, melakukan pembibitan dan sebagainya,” terangnya.

Sementara itu, Surono yang juga selaku Kepala Desa Sidomulyo menjelaskan, kini desanya juga telah melakukan ujicoba pembibitan dan penanaman kurma yang bibitnya didatangkan dari negara Thailand.

Disamping itu,  desanya juga sudah mengembangkan tanaman buah naga dan telah menghasilkan. Dibidang pertanian pihaknya juga telah melakukan penanaman padi tiga kali panen dalam setahun.

“Dan yang paling menggembirakan Desa Sidomulyo  juga akan mendirikan  terapi ikan, sehingga selain sebagai pembudidayaan di bidang perikanan juga bermanfaat untuk kesehatan,” pungkasnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Ir Hj Sumarni Ahmad Yani MSi mengatakan, dirinya bersyukur karena TP PKK Kabupaten Muara Enim diwakili Desa Sidomulyo mampu menembus nominasi enam besar dari 23 provinsi yang ikut serta pada lomba ini.

Dilanjutkannya, masuk nominasi enam besar lomba tertib administrasi PKK tentunya ada indikator-indikator penilaian yang berhasil diraih dan dipenuhi oleh TP PKK Kabupaten Muara Enim. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan