Peringatan Hari Pahlawan di Muara Enim Berlangsung Khidmat

MUARA ENIM – Momentum peringatan Hari Pahlawan tahun 2018 di Kabupaten Muara Enim dilaksanakan dengan upacara dilanjutkan tradisi tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Ksatria Pertiwi Muara Enim.

Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM didaulat menjadi pemimpin atau inspektur upacara  peringatan Hari Pahlawan tahun 2018. Kegiatan yang dipusatkan di TMP Ksatria Pertiwi Muara Enim tersebut berlangsung khidmat, Sabtu (10/11/2018).

Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018 mengambil tema “Semangat Pahlawan di Dadaku”. Turut hadir pada kesempatan itu, Wakil Bupati Muara Enim H Juarsah SH beserta istri, Sekda Muara Enim Ir H Hasanuddin beserta istri, Ketua TP PKK Muara Enim, Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono, Danyonif 141 AYJP, para pejabat dilingkungan Pemkab Muara Enim serta tamu undangan lainnya.

Berdasarkan pantauan, seusai melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan, Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM beserta rombongan melakukan tabur bunga dan peletakan karangan bunga di TMP Ksatria Pertiwi Muara Enim.

Peserta upacara peringatan Hari Pahlawan

Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM dalam sambutannya saat membacakan  amanat Menteri Sosial Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, bahwa setiap tahun pada tanggal 10 Nopember, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan.

“Para syuhada bangsa yang telah gugur di Medan perang telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya,” tutur Bupati dalam sambutannya.

Peringatan Hari Pahlawan, terang Bupati, harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini penting, karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah.

“Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai perjuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia,” ucapnya.

Masih dalam sambutannya, Bupati menyampikan bahwa setiap zaman pasti ada pahlawannya dan setiap pahlawan pasti berkiprah di eranya. Terkait dengan hal tersebut, bangsa Indonesia memerlukan pahlawan baru.

“Indonesia saat ini membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini.”Sekda Muara Enim Ir H Hasanuddin beserta tamu undangan lainnya

Negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karater lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial, sehingga mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial.

Negeri ini, juga membutuhkan pemuda yang mempunyai pandangan global, mampu berkolaborasi untuk kemajuan bangsa dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam bersaing dan bersanding dengan negara lain khususnya ketika negeri ini memasuki era revolusi industri.

Lebih lanjut, Bupati mengungkapkan bahwa Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan, dirinya mengajak untuk berbuat yang terbaik bagi bangsa dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai dari Iingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara.

Peletakan karangan bunga di TMP Ksatria Pertiwi Muara Enim

“Selamat Hari Pahlawan Tahun 2018, kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial. Semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita,” pungkas Bupati mengakhiri sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia. (Kalbadri/ Humas Pemkab Muara Enim)

Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM beserta istri dan Wabup H Juarsah SH beserta istri saat menaburkan bunga di makam para pahlawanPose bersama

Bupati Ir H Ahmad Yani dan Wabup H Juarsah SH pose bersama para veteran di Kabupaten Muara Enim

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan