Gali Potensi dan Tingkatkan Taraf Hidup Melalui BUMDes

MUARA ENIM – Guna mengembangkan potensi ekonomi serta meningkatkan taraf hidup masyarakat desa, maka keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus dimanfaatkan secara maksimal dan dikelola dengan baik.

“Undang-Undang No 6 tahun 2014 tentang Desa membawa terobosan baru dalam membangun desa, salah satunya adanya BUMDes. Oleh karena harus dimanfaatkan secara maksimal guna mengembangkan potensi ekonomi yang ada di desa,” tutur Wabup Muara Enim H Nurul Aman SH dalam sambutannya saat membuka acara Pelatihan Keterampilan Managemen Badan Usaha Milik Desa, bertempat di Ballroom RSUD Rabain Muara Enim, Selasa (21/03/2017).

BUMDes, terang Nurul, dibentuk berdasarkan keinginan masyarakat desa untuk mengangkat dan mengembangkan potensi desa yang ada. Serta bertujuan untuk mencari keuntungan melalui penawaran sumber daya lokal ke pasar.

“Pada 2017 ini, masing-masing desa telah mengalokasikan dana penyertaan modal untuk BUMDes berkisar Rp30 juta sampai Rp50 juta dianggarkan melalui dana APBDes,” ucap Wabup.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Muara Enim, Drs Emran Tabrani mengatakan pelatihan diikuti sebanyak 20 peserta dari managemen BUMDes. Dimana, masing-masing kecamatan diwakili oleh satu desa.

“Dikarenakan keterbatasan dana, jadi peserta kita batasi hanya satu orang pengurus BUMDes dari masing-masing kecamatan. Kedepan, pelatihan serupa akan kita lakukan lagi sehingga semua pengurus BUMDesa masing-masing desa mendapatkan pelatihan,” ucapnya. (Ws)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan