Redam Gejolak Harga Pangan, GPM Sasar Masyarakat Sumaja Makmur

Foto : Plt Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan H A Yani Heriyanto saat menggelar pasar murah

MUARA ENIM – Sampai saat ini gejolak harga pangan (Inflasi) masih menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi pemerintah dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan di daerah termasuk di Bumi Serasan Sekundang Kabupaten Muara Enim.

Meredam hal tersebut, Pemkab. Muara Enim tentu tidak akan tinggal diam karena sampai saat ini pun berbagai kegiatan untuk memerangi laju inflasi terus digalakan salah satunya seperti hari ini diadakan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang menyasar masyarakat Desa Sumaja Makmur di Kecamatan Gunung Megang.

Program GPM di Desa Sumaja Makmur ini merupakan salah satu dari berbagai kegiatan pengendalian inflasi di Kabupaten Muara Enim yang sudah dilaksanakan, sebut saja yang lainnya ada kegiatan pasar murah, operasi pasar, program subsidi pangan, dan pengecekan harga pasar, terang Plt Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan H A Yani Heriyanto yang mewakili Bupati Muara Enim guna membuka kegiatan tersebut, Selasa (27/02/2024).

Plt Asisten II yang hadir bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Muara Enim mengungkapkan, selain disini, GPM yang digelar bersama Perum Bulog ini juga telah dilaksanakan di Kecamatan Panang Enim, Kecamatan Rambang, Kecamatan Rambang Niru, Kecamatan Semende Darat Tengah dan Kecamatan Semende Darat Laut, Kecamatan Sungai Rotan, dan Halaman Kantor Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Muara Enim.

Foto : Suasana Pasar murah

Lanjutnya, Pemkab. Muara Enim juga melakukan berbagai upaya untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat seperti Penyaluran Beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) dengan kemasan perpaket (Beras 5 kg, Terigu 1 kg, Minyak 1 liter) seharga Rp. 83.000,- yang dilaksanakan di Kecamatan Muara Enim, Kecamatan Ujan Mas, Kecamatan Lawang Kidul, Kecamatan Tanjung Agung dan Kecamatan Belimbing.

Ia berharap berbagai upaya yang telah dan akan dilakukan Pemkab. Muara Enim dapat benar-benar memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk memenuhi kebutuhan pangan pokok masyarakat, selain dari menekan laju inflasi.

Sementara itu, Kapala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Muara Enim Syamsiah menjelaskan pihaknya hari ini akan menjual komoditi berupa Beras SPHP sebanyak 2,5 Ton dengan harga Rp. 10.900/Kg, minyak goreng sebanyak 500 Kg dengan harga Rp. 15.000/Liter, tepung terigu sebanyak 600 Kg dengan harga Rp. 13.500/Kg.

“Tentunya kegiatan ini akan terus kita lakukan sampai stabilitas harga pangan benar-benar stabil atau masih dalam tahap wajar,” pungkasnya.

Hadir diantaranya Forkopimda Kabupaten Muara Enim, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab. Muara Enim, Camat Gunung Megang, Forkopimcam Kecamatan Gunung Megang, Kades Sumaja Makmur serta Tokoh Pemuda Desa Sumaja Makmur. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan