Masuki Masa Tenang, Pj. Bupati Muara Enim Tertibkan APK Peserta Pemilu

Foto : Tampak Pj. Bupati Muara Enim saat memimpin langsung penertiban APK Peserta Pemilu

MUARA ENIM – Tepat pukul 00.17 WIB, Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Ahmad Rizali, M.A., bersama Ketua DPRD Liono Basuki, B.Sc., beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah lainnya menyaksikan penurunan atau penertiban sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) dari para peserta Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, Minggu (11/02/2024).

Adapun penurunan APK yang dipimpin langsung Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Muara Enim Zainudin, S.P., M.Si., secara simbolis di ruas Jalan Tjik Agus Kiemas, Simpang Desa Kepur, Kecamatan Muara Enim ini menandai berakhirnya tahapan masa kampanye pada Pemilu Tahun 2024.

Dalam keterangan Pj. Bupati yang hadir bersama unsur Forkopimda diantaranya Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim, Liono Basuki, B.Sc, Kapolres dan juga Dandim 0404 Muara Enim menyampaikan bahwa penurunan APK ini merupakan penegakan aturan yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) berdasarkan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024. Aturan itu terdapat pada Pasal 1 angka 10 PKPU Nomor 3 Tahun 2022 yang berbunyi masa tenang adalah masa yang tidak dapat digunakan untuk melakukan aktivitas kampanye Pemilu.

Untuk itu Pj. Bupati menghimbau kepada setiap peserta Pemilu untuk patuh dan menaati semua peraturan serta ketentuan yang telah ditetapkan dengan secara mandiri menertibkan atau menurunkan sendiri APK dari masing-masing peserta Pemilu.

Sementara itu, Ketua Bawaslu menambahkan sebagaimana diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 20 Tahun 2023 bahwa masa tenang Pemilu berlangsung selama tiga hari sebelum hari pemungutan suara, untuk itu selama masa tenang peserta Pemilu dilarang melaksanakan kampanye dalam bentuk apapun. (Badri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan