Kegiatan Job Fair SMKN 2 Muara Enim Dipadati Para Pencari Kerja

Foto : Suasana Job Fair SMKN 2 Muara Enim

Muara Enim – Melalui kegiatan Job Fair yang digelar oleh Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Muara Enim menjadi daya tarik bagi para pencari kerja di Kabupaten Muara Enim, Selasa (28/11).

Terlihat para pengunjung dan pencari kerja yang di dominasi usia remaja dari berbagai daerah memadati stand-stand industri dan unit usaha yang di gelar di halaman SMK 2 Muara Enim.

PJ Bupati Muara Enim yang di wakili, Kadin Dikbud Muara Enim, Drs Rusdi Khairullah menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya Job Fair SMK 2 tahun 2023 ini, yang telah menjadi jembatan antara pencari kerja dan penyedia pekerjaan.

Di katakan Rusdi. kegiatan ini telah membuka peluang bagi para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan baik alumni SMK 2, SMA sederajat di Kabupaten Muara Enim bahkan ada yang terjaring dari Universitas.

Ada 21 penyedia usaha dan industri yang berpartisifasi dalam kegiatan ini, yang siap merekrut tenaga kerja, sejauh ini sudah ada 671 peserta yang terjaring

“Harapannya melalui kegiatan ini, akan ada banyak tenaga kerja yang terserap dan mendapatkan pekerjaan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK 2 Muara Enim, Ahmad Jon Areli mengatakan kegiatan ini merupakan upaya bagaimana agar penyerapan tenaga kerja terhadap alumni SMK, khususnya SMKN 2 bisa meningkat.

Kegiatan ini melibatkan juga pemerintahan provinsi dan kabupaten untuk mengajak pihak industri agar bisa menyerap tenaga kerja, “Kenapa SMK berani menawarkan diri, karena pada proses pembelajaran, SMK telah mendalami terkait kompetensi kejuruan itu, pada dasarnya industri-industri yang digandeng ini pada dasarnya sudah ada kerjasama,” ujarnya.

Sehingga kata Jon, pihaknya berharap segala pembelajaran yang dipelajari di SMK bisa sejalan dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh industri-industri yang ada, pada dasarnya dalam hal ini SMK 2 hanya memfasilitasi kegiatan ini.

Job Fair ini, kata dia sudah disosialisasikan sejak jauh-jauh hari, hingga saat ini sudah ada 671 pencari kerja yang terjaring, dan hari ini beberapa yang sudah mendaftar online melakukan pengumpulan berkas.

Salah satu pencari kerja, Dela Avriana mengatakan dirinya merasa terbantu dengan adanya Job Fair ini, karena mempermudah pendaftaran dan pengantaran berkas.

Dirinya mengaku mendapatkan informasi mengenai Job Fair sudah sejak jauh hari dari Medsos dan pengumuman di group-group whatsapp “Saya coba semua mendaftar, tidak tahu nanti yang mana yang akan nerima yang penting usaha dulu,” pungkasnya ( kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan