Pj Gubernur Sumsel Didampingi Pj Bupati Hadiri Puncak Peringatan HUT Kabupaten Muara Enim ke-77

Foto : Pemotongan nasi tumpeng HUT Kabupaten Muara Enim Ke-77

MUARA ENIM – Puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Muara Enim ke-77 Tahun 2023 diselenggarakan secara resmi melalui Rapat Paripurna Istimewa ke VI oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muara Enim, bertempat di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kabupaten Muara Enim,Senin (20/11/2022).

Pj Gubernur Sumatera Selatan, Dr. Drs. H. A. Fatoni, M.Si beserta Pj Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Selatan Tyas A. Fatoni, S.Sos., M.Si hadir secara langsung pada acara tersebut didampingi Pj Bupati Muara Enim Dr. H. Ahmad Rizali, M.A dan Pj. Ketua TP PKK Kab. Muara Enim, Dr. dr. Hj. Rose Mafiana, Sp.An.

Foto : Tari sambut menyambut kedatangan PJ Gubernur beserta istri dan Pj Bupati beserta istri

Saat membuka rapat paripurna, Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim Liono Basuki mengucapkan selamat Hari Jadi Kabupaten Muara Enim yang ke-77.

“Saya berharap agar peringatan ini dapat dijadikan momentum untuk melakukan evaluasi terhadap apa yang telah dilakukan selama satu tahun lalu untuk Kabupaten Muara Enim sehingga kedepan dapat memberikan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bersama,” harapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Muara Enim Dr. H. Ahmad Rizali, M.A dalam sambutan mengatakan bahwa di hari jadi yang ke-77 tahun ini, pembangunan di Kabupaten Muara Enim menunjukkan capaian dengan tren yang membaik, diantaranya Indeks Pembangunan Manusia yang terus meningkat dari 67,63 menjadi 69,43; angka harapan hidup bertambah dari 67,67 tahun menjadi 69,38 tahun; peningkatan kesejahteraan masyarakat yang tercermin dari angka kemiskinan yang turun dari 13,19% menjadi 10,93%, kasus Balita stunting turun dari 36,62 menjadi 22,80% dan tingkat pengangguran terbuka yang turun dari 5,61% menjadi 3,92%.

Foto : Sekapur sirih

“Pertumbuhan ekonomi tergolong sangat baik dengan rata-rata 6,7%. Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Muara Enim di tahun 2022 mencapai 8,39% atau menjadi yang tertinggi di Provinsi Sumatera Selatan. Begitupun halnya dengan perkembangan APBD, naik dari 2,3 trilyun rupiah pada tahun 2017 menjadi 3,7 trilyun rupiah di tahun 2023, dengan realisasi investasi tahun 2023 melebihi target 113,5%, yaitu mencapai 13,1 triliyun.

“Nilai investasi ini- pun menjadikan Kabupaten Muara Enim sebagai daerah dengan realisasi investasi tertinggi di Provinsi Sumatera Selatan,” terangnya.

Foto : Suasana paripurna istimewah

Di bidang pertanian dapat disampaikan bahwa luas panen padi Kabupaten Muara Enim hingga Desember 2023 diprediksi mencapai 39.800 hektar dengan rata-rata produksi 5 ton perhektar.

Lanjutnya, kemudian  untuk  produksi tanaman perkebunan yaitu karet mencapai 177,3 ribu ton, kelapa sawit 46,8 ribu ton dan kopi 29,1 ribu ton.

Dengan tema pembangunan Kabupaten Muara Enim tahun 2023 yaitu “Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pemerataan Pembangunan untuk Muara Enim yang Sejahtera”.

Foto : Pj Bupati Muara Enim dalam sambutannya

“Kamipun fokus pada upaya-upaya pengendalian inflasi daerah, penanggulangan kemiskinan ekstrem dan pengentasan kasus Balita stunting,” terangnya.

Selain itu, lanjut Pj Bupati, Pemkab Muara Enim berhasil menorehkan prestasi diantaranya Peraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 10 Kali berturut-turut Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2022 dari BPK RI. Lalu, meraih Opini Kualitas Tertinggi atau Predikat A atas Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022 dari Ombudsman RI.

“Indeks nilai tertinggi kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2022 dengan predikat BB ‘Sangat Baik’ dan Reformasi Birokrasi Tahun 2022 dengan Predikat B ‘Baik’ dari Kemen- PANRB.

Foto : Pj Gubernur Sumsel dalam sambutannya

Kemudian, Piala UHC Award Tahun 2023 dari Kemendagri Sebagai Pelopor Akses Jaminan Kesehatan Semesta di Provinsi Sumatera Selatan dengan capaian 99,05% Penduduk Terlindungi BPJS Kesehatan. Serta Piala Adipura 2023, merupakan ke-14 Kali Berturut-turut Kategori Kota Kecil Terbersih di Indonesia dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI;

Lalu, Apresiasi Pelopor Penerapan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Daring Terintegrasi di Indonesia dari Kemendagri, menjadi pemerintah daerah pertama dan satu-satunya di Sumsel yang menerapkan input data melalui SIPD secara utuh dan lengkap. Penghargaan Kabupaten Layak Anak Tahun 2023 dengan Predikat Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Pemerintah Kabupaten Terbaik di Indonesia Tahun 2023 dalam Upaya Perlindungan Anak dan Pelaporan Berbasis Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Pelaporan (SIMEP) Tahun 2022 dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia. Peringkat II Penilaian Kinerja Pemerintah Kabupaten/Kota Terbaik dalam Pelaksanaan Intervensi Penurunan Stunting Terintegrasi Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023 dari Gubernur Sumatera Selatan.

Pemkab Muara Enim juga berhasil meraih Indonesia Award 2023 sebagai Pemerintah Daerah dengan Pertumbuhan dan Realisasi Investasi Terbaik di Indonesia dari MNC Group. Penghargaan Sentra Pengembangan Komoditas Bawang Putih Terluas di Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023 dari Gubernur Sumatera Selatan.

“Terakhir Pembina Program Kampung Iklim Tingkat Nasional 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Serta Penghargaan Pemerintah Daerah dalam Pencapaian Target Pemenuhan Standar Pelayanan Minimal Penanggulangan Penyakit Aids, Tubercolosis dan Malaria (ATM) 2023 dan Pengentasan Kasus Stunting 2023 dari Adinkes RI,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Pj Gubernur Sumatera Selatan Dr. Drs. H. A. Fatoni, M.Si  juga mengajak semua untuk menjadikan momen hari jadi ini sebagai ajang evaluasi diri, apapun prestasi yang sudah diraih untuk dijadikan atau merencanakan sebuah rumus guna menghantarkan Kabupaten Muara Enim jadi lebih baik lagi kedepan.

Foto : Pose bersama

Disamping itu, Pj Gubernur Sumsel mengapresiasi berbagai prestasi, capaian yang sudah diraih Kabupaten Muara Enim dalam satu tahun belakang.

“Saya berikan apresiasi atas kinerja solidnya dan saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Muara Enim juga kepada seluruh jajaran pemerintah dari Bupati sampai dengan tingkat Kepala Desa yang telah berjuang menurunkan angka stunting, menurunkan angka kemiskinan dan mendongkrak angka pertumbuhan ekonomi dengan saling bersinergi, berkoordinasi dan kerja keras, teruslah berkarya dengan penuh inovasi untuk kebaikan masyarakat Muara Enim,” ucapnya.

“Selamat hari jadi ke-77, semoga kedepan Kabupaten Muara Enim dapat menjadi Kabupaten yang terbaik dan bisa menjadi kebanggaan Provinsi Sumatera Selatan,” pungkas Herman Deru.

Foto : Penyerahan Sertifikat UKM

Turut hadir secara langsung diantaranya, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan HM Giri Ramanda N Kiemas beserta Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan Dapil 6, jajaran direksi atau pimpinan BUMN, BUMD dan tamu undangan lainnya.

Pj Bupati Muara Enim mendampingi PJ Gubernur Sumatera Selatan meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Muara Enim yang sejatinya merupakan lokasi MPP percontohan dan pertama di Provinsi Sumatera Selatan berdasarkan Keputusan Men-PANRB Nomor 31 Tahun 2019 dan telah diatur melalui Peraturan Bupati Muara Enim Nomor 33 Tahun 2019 tentang Mal Pelayanan Publik Kabupaten Muara Enim. (Adv Kominfo Pemkab Muara Enim/ Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan