Kecewa Belum Ada Perhatian Pemerintah, Puluhan Masyarakat dari Tiga Desa di Semende Perbaiki Jalan Secara Swadaya

Foto : Tampak Gotong Royong perbaikan jalan yang dilakukan masyarakat

MUARA ENIM I Belum adanya reaslisasi perbaikan jalan rusak dari Pemkab Muara Enim membuat masyarakat yang tergabung dari beberapa desa yang ada kecamatan Semedo Darat Ulu (SDU) Kabupaten Muara Enim gotong royong memperbaiki jalan secara swadaya, Selasa (12/07/2022).

Diketahui gotong royong perbaikan jalan dilakukan oleh warga di tiga desa yakni Desa Cahaya Alam, Datar Lebar
Dan Desa Danau Gerak dibantu Babinsa dan Pemerintah setempat.

Berdasarkan pantauan, tampak terlihat warga tampak antusias dan berjibaku memperbaiki jalan yang panjangnya sekitar 5 kilometer dengan kondisi yang sudah rusak parah dan sangat memperihatinkan.

Foto : Perbaikan jalan secara swadaya yang dilakukan masyarakat

Warga setempat, Jaswin mengatakan, kondisi jalan penghubung desa Cahaya Alam dengan desa Danau Gerak sudah sekian tahun belum pernah diperbaiki oleh pemerintah.

Dikatakan Jaswin, jalan tersebut merupakan akses yang sangat penting bagi masyarakat dalam beraktifitas sehari-hari dan mengangkut hasil bumi, seperti kopi dan sayur mayur.

“Dengan tidak adanya upaya perbaikan dari pihak terkait, maka warga mengambil inisiatif untuk melakukan perbaikan secara Swadaya,” terangnya.

Sementara Babinsa Cahaya Alam, Serda Darul Arkam membenarkan adanya kegiatan masyarakat yang bergotong royong memperbaiki jalan rusak tersebut menggunakan dana swadaya.

“Karena ini merupakan jalan penghubung antar desa, kami berharap akses jalan ini secepatnya dibangun pemerintah daerah mengingat kondisinya sudah sangat memperihatinkan,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kades Cahaya Alam, Amrullah mengatakan, masyarakat bergotong royog memperbaiki jalan, karena kondisinya sangat parah. Dimana hampir seluruh badan jalan aspalnya sudah mengelupas dan berlobang.

Upaya ini, kata Dia, untuk menghindari pengendara terutama motor tidak terjatuh apalagi kondisi jalan turunan dan sangat licin saat turun hujan.

Dikatakan Amrullah, pemeritah desa sudah sering melakukan usulan kepada pemerintah daerah dan disampaikan kepada anggota DPRD. Namun sampai sekarang belum ada tanggapan.

“Ya kita berharap kiranya pemerintah melalui dinas terkait segera menganggarkan untuk memperbaiki akses jalan penghubung desa Cahaya Alam dan beberapa desa seperti desa Danau Gerak dan Desa Pelakat,” harapnya. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan