DPRD Muara Enim Terima LKPJ Pj Bupati Tahun Anggaran 2021

Foto : Pj Bupati saat menyampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2021 kepada DPRD Muara Enim

MUARA ENIM – Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M., H. Nasrun Umar Rabu (06/04/2022) menyampaikan penjelasan terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Muara Enim Tahun 2021 yang disampaikan pada Rapat Paripurna Ke-1 DPRD Kabupaten Muara Enim, serta penyerahan Dokumen LKPJ Bupati Muara Enim pada Rapat Paripurna ke-VI DPRD Kabupaten Muara Enim.

Rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kab. Muara Enim, Liono Basuki, B.Sc., dihadiri oleh para Anggota Dewan serta Forkopimda.

Pj. Bupati menyampaikan bahwa ada 9 indikator kinerja utama (IKU), yaitu indeks pembangunan manusia, indeks kota toleran, penurunan angka kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, angka harapan lama sekolah, angka harapan hidup, indeks pelayanan infrastruktur desa, indeks kualitas lingkungan hidup dan indeks reformasi birokrasi.

Dalam sambutannya Pj. Bupati menjelaskan bahwa pencapaian realisasi kinerja keuangan APBD tahun 2021 sebesar 87,62% dengan rata-rata capaian kinerja output sebesar 95,85% dari 174 program, 562 kegiatan dan 1467 sub-kegiatan, sedangkan pencapaian IKU sebesar 80% dengan capaian kinerja utama rata-rata mencapai 89,87%.

“LKPJ ini merupakan hasil penjabaran serta kewajiban konstitusional bagi pemegang amanat rakyat dalam wujud pertanggungjawaban pelaksanaan penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten Muara Enim selama tahun anggaran 2021,” jelasnya.

Selain itu juga LKPJ ini menjadi dasar untuk mengambil kebijaksanaan dan langkah strategis kedepan dalam upaya pembangunan daerah maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut Pj. Bupati menyampaikan ada 33 bidang rekomendasi DPRD terhadap LKPJ tahun 2020 lalu ditindaklanjuti oleh perangkat daerah pada tahun anggaran 2021, secara keseluruhan merupakan rekomendasi pada peningkatan kualitas dan kuantitas, penyelenggaraan program, optimalisasi pelaksanaan program, peningkatan kinerja perangkat daerah, serta peningkatan peran perusahaan daerah.

“Keberhasilan maupun kelemahan pencapaian akan menjadi bahan introspeksi bersama dalam meningkatkan kinerja dimasa mendatang,” jelasnya. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan