Pj Bupati Muara Enim Pimpin Upacara HUT Kabupaten Muara Enim Ke-75

Foto : Pj Bupati Muara Enim saat memimpin upacara peringatan HUT Kabupaten Muara Enim ke-75

 

Resmikan Gerai Oleh-Oleh Muara Enim

MUARA ENIM – Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Dr H Nasrun Umar SH MM didaulat menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Muara Enim Ke-75. Selain itu, secara bersamaan digelar upacara peringatan Hari Korpri ke-50, Hari Kesehatan Nasional ke-57 Hari Guru Nasional ke-28, dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional ke-63.

Upacara yang dihelat di Halaman Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim, Jumat (19/11/2021) tersebut berlangsung sederhana dan khidmat.

Turut dihadir pada kesempatan itu, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Muara Enim, para Kepala Forkopimda Kabupaten Muara Enim, antara lain Ketua DPRD Muara Enim Liono Basuki, Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Erwin Iswari, Kapolres Muara Enim AKBP Danny Sianipar, Kajari Muara Enim Irfan Wibowo dan Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim Elvin Adrian. Serta perwakilan BUMN yang dihadiri Direktur SDM PTBA Tbk, perwakilan BUMD dan tamu undangan lainnya.

Berdasarkan pantauan, seusai pelaksanaan upacara, Pj Bupati bersama Forkopimda dan Direktur SDM PTBA menyerahkan sejumlah penghargaan dan hadiah, salah satunya kepada atlet Kabupaten Muara Enim yang berhasil meraih medali pada PON XX Papua.

Setelah itu, Pj Bupati Muara Enim meresmikan Gerai Oleh-oleh Muara Enim yang tepat berada di seberang Kantor Bupati Muara Enim.

Foto : Saat membuka secara resmi Gerai Oleh – Oleh Muara Enim

Peresmian Gerai Oleh-oleh ini ditandai dengan penandatanganan prasasti, pengguntingan bunga dan pelepasan balon. Usai meresmikan, Pj Bupati melihat langsung berbagai produk yang dipamerkan di Gerai Oleh-oleh Muara Enim ini.

Pj Bupati Muara Enim Dr H Nasrun Umar SH MM yang akrab disapa HNU dalam amanatnya saat memimpin upacara mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun ke-75 bagi Kabupaten Muara Enim

Di usia ke-75 tahun ini, kata HNU, tentu saja banyak pencapaian yang telah raih. Namun, harus diakui bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang mesti dituntaskan dalam mewujudkan cita-cita pembangunan yang adil dan merata di Kabupaten Muara Enim.

“Kunci mewujudkan cita-cita pembangunan yang adil dan merata tersebut, sebenarnya sudah terang benderang diberikan para pendahulu (founding father) pendiri negeri ini, yaitu tertera pada pita di lambang Kabupaten Muara Enim, bertuliskan ‘Serasan Sekundang’,” ucapnya.

HNU yakin, dengan bersatu, kompak dan solid, saling serasan serta saling sekundang dan juga mengenyampingkan kepentingan pribadi atau golongan dengan mengedepankan kepentingan orang banyak dan masyarakat. Maka pembangunan yang menjadi alat untuk mewujudkan masyarakat sejahtera Kabupaten Muara Enim tentu bukan impian semata.

HNU menjelaskan, dalam memaknai perjalanan sejarah berdirinya Kabupaten Muara Enim ini, maka tidak terlepas dari tujuan awal dibentuknya sebuah
wilayah pemerintahan, yaitu pembangunan

“Retrosfektif, yaitu menengok ke belakang sebagai sebuah mata rantai sejarah yang menjadi referensi dan pondasi mengantarkan kita, pada saat ini melalui semangat maupun warisan (legacy) pendahulu untuk menapaki masa kini dan masa depan,” ujarnya.

Paradigma kedua adalah introsfektif, yaitu menjadikan peringatan hari jadi ini sebagai sebuah renungan, introspeksi atau evaluasi diri terhadap hal-hal yang telah dan ataupun belum tercapai, sehingga menjadi jawaban dalam menghadapi permasalahan maupun tantangan di masa depan.

“Paradigma ketiga prosfektif, mari kita optimis berkeyakinan untuk menggapai masa depan Kabupaten Muara Enim yang jauh lebih baik dengan desain maupun perencanaan yang tepat, serta dilandasi soliditas dan kerja keras,” ucapnya. (Sw)

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan