Berkat PTBA, Kini Warga Tak Khawatir Lagi Longsor dan Bisa Berselfi Ria

Foto : Tampak warga sudah bisa kembali mandi dan mencuci di sungai

 

MUARA ENIM – Keberadaan sungai Enim yang membentang luas bagi warga Desa Tanjung Agung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan menjadi sesuatu yang tidak bisa terpisahkan.

Aliran sungai Enim yang mengalir tenang, bersih dan jernih merupakan secercah harapan bagi warga yang tinggal diarea perbukitan ini.

Bagaimana tidak, sungai Enim dengan airnya bukan hanya digunakan untuk keperluan hari – hari saja. Lebih dari itu, sungai Enim yang elok menjadi tempat silaturahmi warga dikala senggang, tempat bercengkrama dan sekedar melepas penat duduk ditepian sungai seraya menikmati hembusan angin segar.

Namun, beberapa tahun belakangan ini, tepatnya pada 2018 dan 2019. Warga yang terbiasa mandi di sungai Enim, mencuci pakaian, mencari ikan, tempat bermain anak dan aktivitas lainnya terpaksa menghentikan kebiasaan turun – temurun ini.

Menjadi alasan utama, yakni mengancam nyawa, membuat warga khawatir terkhusus bagi anak anak kecil untuk mandi dan beraktivitas lainnya. Sungai Enim yang biasa digunakan setiap harinya lambat laun ditinggalkan warga. Meskipun masih ada beberapa warga yang memberanikan diri mandi di sungai.

Alkomar (39), warga setempat saat dibincangi, Rabu (27/01/2021) mengatakan, warga Desa Tanjung Agung terpaksa menghentikan mandi di sungai, tapi ada yang masih berani mengambil air, dikarenakan tepian sungai enim tidak kuat lagi menahan beban apabila warga berkumpul yang bisa menyebabkan amblas. Selain itu, tidak adanya penyanggah dibantaran sungai mengakibatkan sering longsor.

Tampak anak-anak asyik bermain di sungai

Dan longsor ini, lanjutnya, bukan saja mengancam warga yang sedang menggunakan air sungai tapi juga bisa berakibat jalan amblas sehingga bisa memutus jalan penghubung dua desa antara Desa Tanjung Agung dan Desa Muara Emil.

Sangat disayangkan menurut Komar tokoh masyarakat Tanjung Agung, bila warga yang mayoritas petani kecil tidak bisa memanfaatkan air sungai Enim.

Namun setelah adanya bronjong bantuan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) pada Tahun 2020 dari penuturan Alkomar warga sekitar sungai kini kembali bisa memanfaatkan air sungai untuk keperluan sehari – hari dengan tidak perlu khawatir lagi akan ancaman longsor.

Lalu, Ibu-ibu dapat mencuci dengan aman dan nyaman, anak anak bahkan senang sekali, selain bisa mandi, loncat-loncat dari atas bronjong, dan menjadi area bermain mereka bersama teman teman. Bahkan warga yang melintas pun bisa menikmati melakukan foto selfie, duduk duduk disore hari dan ada juga warga yang menjadikan nya sebagai tempat mancing ikan di bantaran sungai Enim yang sudah di bronjong itu.

“Dengan adanya bronjong ini, kepada PTBA warga sangat berterima kasih dan semoga kedepannya terus peduli dengan lingkungan terkhusus di area sekitar pertambangan,” ungkap Komar.

Senada diutarakan Kepala Desa Tanjung Agung, Ude Indayadi, terima kasih tidak terhingga karena berkat PTBA membangun bronjong berukuran panjang 70 meter dan tinggi 3,5 meter yang telah dibangun tahun 2020 dengan melibatkan swadaya masyarakat dan sudah selesai hingga sekarang ini warga Desa Tanjung Agung sudah dapat menikmatinya.

“Semoga bronjong ini terus bisa dimanfaatkan warga dan semoga PTBA terus maju dan berkembang harmonis bersama lingkungan sekitar perusahaan” ucap Ude.

Tampak Bronjong yang dipasang PTBA disepanjang aliran sungai

Sementara itu, Asisten Manajer (AM) Bina Lingkungan CSR, Hartoyo mengatakan, bantuan ini merupakan salah satu wujud komitmen kepedulian dan kontribusi yang nyata dari perusahaan untuk masyarakat dilingkungan sekitar terbukti dengan telah selesai pembangunan bronjong ini terlihat dampak positif yang dirasakan warga sekitar desa Tanjung Agung.

“Alhamdulillah bantuan ini sangat bermanfaat untuk warga disekitar Desa Tanjung Agung semoga aktivitas warga dapat berjalan dengan baik dan dapat dinikmati oleh masyarakat lainnya” ungkap Hartoyo. (Kalbadri/ Ril)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan