SIBA Rossela Lawang Kidul Lakukan Panen Perdana Bunga Rosella

Foto : Ibu-ibu saat panen perdana tanaman Rosella

 

MUARA ENIM – Tim PKK Kelurahan Pasar Tanjung Enim dan Desa Lingga bersama Tim CSR PT Bukit Asam Tbk melakukan panen perdana budidaya tanaman Rosella di areal Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim, Sabtu (22/08/2020).

Budidaya tanaman rosella yang sedang di galakkan kelompok tim Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) Rosella Tanjung Enim sebagai bahan baku pembuatan teh dan sirup rosella mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan karena kaya kandungan vitamin c dan antioksidan yang sangat cocok untuk menangkal vrus corona.

Tanaman berwarna merah maron berbahasa latin hibiscus sabdariffa ini, selain untuk kesehatan juga merupakan tanaman jenis obat-obatan yang mudah di budidayakan. Sehingga dapat membuka peluang bisnis bagi keluarga dan masyarakat karena jika di olah menjadi minuman dan cemilan dapat menghasilkan uang guna memenuhi kebutuhan keluarga dan masyarakat luas.

Ketua SIBA Rosella Dian Afriani disela-sela panen menyampaikan pihaknya bersama Tim SIBA Rosella sudah melakukan penanaman sekitar 1500 batang dan telah panen semenjak bulan Februari 2020 lalu.

Petikan bunga Rosella yang di panen

“Dari hasil panen 10 hingga 20 kilogram bunga rosella segar dapat diolah menjadi 300 botol sirup Rosella ukuran 250 miliiter,” terangnya.

Terhitung Februari hingga Agustus 2020 SIBA Rosella telah berhasil memproduksi 3500 botol dan 4000 kotak teh celup Rosella dan 2000 poch.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PTBA Tbk yang telah merangkul kami menjadi binaan. Sehingga dapat maju dan berkembang serta membuka prospek peluang usaha menjanjikan terutama disaat menghadapi pandemi covid 19 ini,” ucapnya.

Sementara itu, Nesti Gestonaini, selaku Ketua Pembibitan Siba Rosella mengatakan bahwa, budidaya tanaman rosella mulai dari pembibitan, pengolahan lahan, penanaman, perawatan dan pemupukan hingga panen dilakukan oleh Tim Siba Rosella.

Atas jerih payah dan kekompakan dalam mengembangkan tanaman ini hingga membuahkan hasil juga tidak terlepas dari pendampingan CSR PTBA Tbk yang telah memberikan sumbangan material dan pembinaan tak lupa kami ucapkan terima kasih.

“Kita berharap, tanaman ini bisa membuka peluang bisnis dalam meningkatkan perekonomian warga dan bisa menjadi oleh-oleh dari kota Tanjung Enim sebagai Kota Wisata,” harapnya.

Terpisah, Manager Humas, Komunikasi dan ADM Korporat PTBA Tbk, Iko Gusman mengatakan, PTBA terus berupaya tumbuh dan berkembang bersama masyarakat sekitar.

Menurut Iko, tanaman ini bisa membuka peluang bisnis dan meningkatkan perekonomian warga serta dapat mendukung program Kota Tanjung Enim sebagai Kota Wisata dalam hal penyediaan produk lokal sebagai ole-oleh.

“PTBA akan selalu berupaya untuk membangun hubungan harmonis ditengah lingkungan yang lestari, bermanfaat serta berusaha mewujudkan masyarakat yang sejahtera, mandiri dan berwawasan lingkungan,” pungkasnya. (Kalbadri)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan