Muara Enim Terbaik Kedua dalam Partisipasi Sensus Penduduk Online di Sumsel

Foto : Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH saat menerima jajaran BPS Kabupaten Muara Enim

 

MUARA ENIM – Berdasarkan laporan capaian Sensus Penduduk Online (SPO) dari Badan Pusat Statistik (BPS) 2020, Kabupaten Muara Enim menduduki peringkat kedua dengan jumlah penduduk terbanyak berpartisipasi, yaitu sebanyak 414.795 jiwa, selisih tipis dengan Kota Palembang, yaitu sebanyak 463.464 jiwa.

Demikian pula dalam hal persentase, Kabupaten Muara Enim juga berada di posisi kedua, yaitu sebesar 64,2 persen dari keseluruhan jumlah penduduk, kurang sedikit dari Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) sebesar 68,2 persen.

Hal tersebut terungkap dalam laporan yang disampaikan oleh Kepala BPS Kabupaten Muara Enim, Ir Maryamal Qibtiyah MM dalam kepada Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH, bertempat di Ruang Kerja Plt Bupati Muara Enim, Senin (08/06/2020).

Menurut Maryamal, pencapaian ini tak lain merupakan kerja keras semua pihak, termasuk dukungan penuh Pemkab. Muara Enim.

“Selanjutnya pada September mendatang, BPS Kabupaten Enim akan melakukan pendataan manual bagi penduduk yang belum terdata atau berpartisipasi dalam SPO 2020 ini,” terangnya.

Adapun mekanisme yang digunakan sehubungan dengan protokol Covid-19 yaitu dengan metode antar (drop) formulir, selanjutnya ditinggalkan untuk diisi dan kemudian formulir yang telah berisi data tersebut diambil kembali (pick-up).

“Untuk itu, kita ucapkan terima kasih kepada Plt Bupati Muara Enim yang telah mendorong masyarakat melalui camat dan kepala desa, termasuk juga Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim untuk menyukseskan SPO 2020 ini,” ucapnya.

Sementara itu, Plt Bupati Muara Enim didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Ardian ArifanardiAP MSi menyambut baik dan mengapresiasi laporan BPS Kabupaten Muara Enim.

“Saya berharap data yang telah terkumpul dapat digunakan dan bermanfaat bagi semua pihak, terutama bagi Pemkab Muara Enim dalam menetapkan kebijakan serta sasaran pembangunan kedepan,” harapnya. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan