Ikatan Apoteker Muara Enim Gelar Sosialisasi Obat Sejak Dini

MUARA ENIM – Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Pengurus Cabang Muara Enim menggelar sosialisasi pengenalan obat sejak usia dini di lingkungan pendidikan kepada sekitar 400 siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Muara Enim, Sabtu pagi (12/10/2019).

Acara sosialisasi dibuat menarik dengan bertaburan doorprise, sehingga membuat para anak didik MIN 1 Muara Enim antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Ketua Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Muara Enim, Siti Fatlah Dewi SSi APt mengungkapkan, dalam rangka memperingati hari Farmasi Segini tahun 2019. Pengurus Cabang IAI Muara Enim berpartisipasi menggelar sosialisasi pengenalan obat sejak dini untuk pelajar siswa tingkat dasar.

Kedepan, kegiatan seperti ini akan terus ditingkatkan kepada seluruh sekolah di wilayah Kabupaten Muara Enim.

“Ini kegiatan sosial Ikatan Apoteker Indonesia Pengurus Cabang Muara Enim dalam rangka mengedukasi anak-anak memberikan pengetahuan mengenai obat sejak dini, sehingga anak-anak paham dan terhindar dari penyalahgunaan obat-obatan yang beredar,” ungkap Siti.

Dia menerangkan, banyak sekali jenis obat beredar. Baik secara bebas maupun menggunakan resep dokter. Lanjutnya, namun masyarakat masih belum banyak mengetahui keaslian ataupun kadaluarsa obat-obat yang beredar bebas dipasaran.

Selain itu, imbuh Siti, masyarakat juga wajib mengetahui dan paham dengan kode yang tertera dalam obat. Misalnya warna merah khusus obat keras, warna hijau untuk obat beredar bebas dan lainnya.

“Bahwa untuk mengkonsumsi obat itu harus sepengetahuan orang tua atau orang dewasa, untuk memastikan bahwa obat itu aman di konsumsi,” terangnya.

Sementara itu, mewakili MIN 1 Muara Enim Drs Juniar menyambut baik kerjasama antara Ikatan Apoteker Indonesia Muara Enim dengan MIN 1 Muara Enim bidang kesehatan ini. Kedepan, pihaknya berharap seluruh siswa didiknya mendapat kesempatan menerima penyuluhan tersebut.

“Penyuluhan ini sangat baik sekali untuk anak-anak kami. Sehingga mereka bisa memahami mengenai penggunaan obat yang benar. Mudah-mudahan nanti bisa semua siswa mendapatkan penyuluhan ini. Pungkasnya. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan