Plt Bupati Muara Enim Bersama Gubernur Sumsel Panen Raya dan Tanam Perdana Padi Rawa

Plt Bupati Muara Enim Bersama Gubernur Sumsel Panen Raya dan Tanam Perdana Padi RawaReviewed by adminon.This Is Article AboutPlt Bupati Muara Enim Bersama Gubernur Sumsel Panen Raya dan Tanam Perdana Padi RawaMUARA ENIM – Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH bersama Gubenur Sumsel H Herman Deru melakukan Panen Raya dan Tanam Padi Perdana IP 200 seluas 2 ribu hektar di Desa Arisan Musi Timur Kecamatan Muara Belida Kabupaten Muara Enim, Rabu (18/09/2019). Turut hadir pada kesempatan itu, Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli Bahuri, Kasdam II […]

MUARA ENIM – Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH bersama Gubenur Sumsel H Herman Deru melakukan Panen Raya dan Tanam Padi Perdana IP 200 seluas 2 ribu hektar di Desa Arisan Musi Timur Kecamatan Muara Belida Kabupaten Muara Enim, Rabu (18/09/2019).

Turut hadir pada kesempatan itu, Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli Bahuri, Kasdam II Sriwijaya Brigjend TNI Syafrial serta unsur Muspida Kabupaten Muara Enim dan tamu undangan lainnya.

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH dalam sambutannya mengatakan, pada 2018 lalu, produksi padi Kabupaten Muara Enim sebesar 173.900,07 ton gabah kering panen, dengan luas panen 38,406 hektar dan produktivitas padi sebesar 45,28 kwintal per hektar.

Tahun 2019 ini, kata Juarsah, target produksi padi Kabupaten Muara Enim sebesar 186.061 ton gabah kering panen, dengan sasaran luas panen 39.577 hektar dan produktivitas rata-rata 47,01 kwintal/hektar.

“Oleh karena itu, saya mengajak kepada seluruh petani  untuk meningkatkan luas tanam dan produktivitas padi di Tahun 2019 ini. Sehingga diharapkan target produksi padi Kabupaten Muara Enim akan dapat tercapai,” ucapnya.

Juarsah melanjutkan, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan produksi diantaranya peningkatkan indeks pertanaman (IP) dari semula 100 menjadi IP 200. Intensifikasi pertanian dan ekstensifikasi pertanian. Penggunaan benih padi unggul inbrida seluas 4 ribu hektar.

Pada Tahun 2019, Pemkab Muara Enim melalui dana APBN melaksanakan, pengembangan padi rawa melalui kegiatan Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) seluas 2 ribu hektar di Kecamatan Muara Belida dan Sungai Rotan.

“Sedangkan untuk program melalui dana APBD Muara Enim, pembangunan jalan usaha tani, rehab jaringan irigasi, dan pengadaan alat mesin pertanian,” terangnya.

Juarsah menambahkan, semua program pembangunan pertanian tersebut adalah upaya peningkatan kesejahteraan dan pendapatan petani Kabupaten Muara Enim.

“Saya bangga dengan masyarakat Desa Arisan Musi Timur dan sekitarnya terutama Gabungan Kelompok Tani Usaha Jaya yang sudah berperan aktif menjadi motivator dan pro aktif dalam memajukan pertanian,” ungkap Juarsah.

Ditambahkan Kepala Desa Arisan Musi Timur, Imran Hadi mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumsel H Herman Deru beserta rombongan dalam kegiatan panen raya padi sawah di  Desa Arisan Musi Timur Kecamatan Muara Belida.

“Kami berharap kedepan, produksi padi di Desa Arisan Musi Timur semakin meningkat dari tahun sebelumnya,” harapnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru dalam sambutannya mengucapkan selamat dan apresiasi kepada Pemkab Muara Enim yang telah menjalankan program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) dengan baik.

Program ini, kata Deru, telah diluncurkan pada Mei lalu di Provinsi Sumsel dan sudah terealisasi kurang lebih 70000 hektare dari target 200000 hektare lahan.

Herman Deru optimis dengan akselarasi ini Provinsi Sumsel akan mengulang kembali kejayaannya seperti di tahun 2007 silam yaitu sebagai Daerah Lumbung Pangan Nasional.

“Program Serasi di Sumsel ini tidak boleh menjadi sia-sia. Untuk itu, sebagai wujud nyata dukungan Saya kepada para petani, hari ini saya bawa langsung Kapolda Sumsel, Kasdam II Sriwijaya, Plt Bupati Muara Enim dan semua Kepala Perangkat Daerah terkait untuk ikut panen raya di sini,” ucapnya. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan