Pererat Silaturahmi, Warga Desa Penanggiran dan Embawang Gelar Sedekah Dusun

Pererat Silaturahmi, Warga Desa Penanggiran dan Embawang Gelar Sedekah DusunReviewed by adminon.This Is Article AboutPererat Silaturahmi, Warga Desa Penanggiran dan Embawang Gelar Sedekah DusunMUARA ENIM – Dalam rangka mempererat jalinan silaturahmi dan menggali sejarah kepuyangan serta zuriatnya, ribuan warga Desa Penanggiran dan Panang Jaya Kecamatan Gunung Megang serta Desa Embawang Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim menggelar acara sedekah dusun dan berziarah ke makam kepuyangan, bertempat di Desa Penanggiran, Jum’at (29/8/2019). Pantauan Kabarmuaraenim.com dilapangan, terlihat antusias ribuan masyarakat […]

MUARA ENIM – Dalam rangka mempererat jalinan silaturahmi dan menggali sejarah kepuyangan serta zuriatnya, ribuan warga Desa Penanggiran dan Panang Jaya Kecamatan Gunung Megang serta Desa Embawang Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim menggelar acara sedekah dusun dan berziarah ke makam kepuyangan, bertempat di Desa Penanggiran, Jum’at (29/8/2019).

Pantauan Kabarmuaraenim.com dilapangan, terlihat antusias ribuan masyarakat dari dua desa yakni Desa Penanggiran Kecamatan Gunung Megang dan Desa Embawang Kecamatan Tanjung Agung  Kabupaten Muara Enim menjalin silaturahmi yang dikemas melalui sedekah dusun.

Kepala Desa Penanggiran Fredick Apriansyah disela-sela acara kepada insan media mengatakan, bahwa acara ini merupakan acara adat yang dikemas melalui sedekah dusun.

Dimana, kata dia, semua masyarakat khususnya dari Desa Penaggiran ikut andil secara bersama-sama dimulai dari anak-anak, orang tua, laki dan wanita ikut berjibaku hingga terlaksananya acara ini.

Untuk itu,lanjutnya, secara pribadi dan mewakili pemerintah desa mengaturkan terima kasih kepada para tokoh atau pemangku adat, pemuka masyarakat, perangkat desa, ibu-ibu, para pemuda, pihak kepolisian dan masyarakat luas yang telah berpartisipasi terlaksananya acara ini.

“Kemudian yang tak kalah pentingnya juga kami aturkan selamat datang dan terima kasih kepada masyarakat atau adik-adik kami dari desa Embawang yang telah datang bersilaturahmi ke Desa Penanggiran,” ucapnya.

Senada disampaikan Firlansyah selaku Kades Embawang juga menyampaikan, ucapan syukur karena telah dapat memenuhi undangan dan datang langsung menghadiri acara sedekah dusun dengan harapan acara seperti akan tetap berlanjut di masa-masa yang akan datang.

Secara kelembagaan, sambung, Firlansyah persaoalan adat ini sudah masuk dalam struktur desa, artinya bahwa persoalan adat memang tidak bisa terlepas dari struktur pemerintahan baik secara kelembagaan maupun secara financial walaupun nilainya tidak terlalu besar.

“Acara adat yang dilaksanakan ini bertujuan menjalin silaturrahmi dan mengenang  kepuyangan Desa Penanggiran bernama Mulya Sakti, Puyang Desa Embawang bernama Kemas Ripandan, kepuyangan Karangdale Pagar Alam berikut zuriatnya,” terangnya.

Sementara itu, Muhammad Soleh (70) selaku Pemangku Adat   Eks Marga Tamblang Penanggiran menerangkan, acara ini sebagai wujud syukur kepada Allah SWT dan memohon agar dijauhkan dari segala bala bencana, sekaligus dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah.

“Rangkaian acara sedekah dusun ini diawali dengan berziarah kemakam  kepuyangan yang terletak di areal pemakaman puyang Desa Penanggiran Kecamatan Gunung Megang. Dilanjutkan dengan peramalan-peramalan sebagai wujud syukur di Masjid dan di akhiri dengan makan bersama,” terangnya. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan