Tingkatkan Mutu Pelayanan, Setiap Desa di Muara Enim Wajib Miliki Website Desa

MUARA ENIM – Dalam rangka meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam membangun desa. Sebanyak 30 Admin Desa di Kabupaten Muara Enim mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Aplikasi Desa Online, bertempat di Hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim, Kamis (25/04/2019).

Kepala Badan Pemerintahan dan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Muara Enim Drs Emran Tabrani saat menutup kegiatan mengatakan diharapkan melalui Bimtek ini dapat meningkatkan kapasitas SDM dalam membangun desa.

Emran menekankan kepada peserta bimtek, setelah acara ini semuanya membuat laporan ke kepala desa masing-masing untuk membuat website. Supaya dapat diakses oleh publik termasuk memperkenalkan produk unggulan yang bisa dipasarkan ke masyarakat luas.

“Selain sebagai sarana informasi desa, Website ini juga sangat membantu pelayanan ke masyarakat seperti permohonan pembuatan KTP, KK dan perizinan yang saat ini hampir seluruhnya menggunakan fasilitas internet,” terangnya.

Sehingga berawal dari input data dari kantor desa dapat diteruskan ke kecamatan dan dinas terkait tang ada tingkat kabupaten yang pada gilirannya akan dapat memangkas biaya dan waktu.

“Permasalahan masih adanga beberapa desa yang terkendala akses layanan internet, kita sudah mencari solusi seperti penguat sinyal internet diantaranya pembuatan tower mini atau penambahan perangkat dengan proses pengadaannya dapat menggunakan dana desa,” jelas Emran.

Sementara itu, Kabid Peningkatan Ekonomi Desa Dinas PMD Zulkopli,  menyampaikan bahwa, peserta Bimtek aplikasi desa online ini dilakukan secara bertahap dan pada saat ini kita mengikutkan sebanyak 30 desa dan di mulai sejak dua hari lalu.

“Diharapkan tahun ini kita dapat memenuhi seluruh desa sehingga akses internet utamanya aflikasi didesa semuanya sudah siap online,” terangnya. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan