AKIPBA Resmi Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Program Beasiswa

AKIPBA Resmi Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Program BeasiswaReviewed by adminon.This Is Article AboutAKIPBA Resmi Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Program BeasiswaTANJUNG ENIM – Kabar gembira bagi pelajar di Kabupaten Muara Enim khususnya pelajar yang berasal dari keluarga kurang mampu, perusahaan Holding yakni PT Bukit Asam (PTBA) Tbk bersama PT Inalum Tbk, PT Timah Tbk dan PT Antam Tbk membuka program pendidikan vokasi jenjang Diploma 1 atau D1 untuk program beasiswa dengan nama Akademi Komunitas Industri […]

H Amiruddin Sapuan SH

TANJUNG ENIM – Kabar gembira bagi pelajar di Kabupaten Muara Enim khususnya pelajar yang berasal dari keluarga kurang mampu, perusahaan Holding yakni PT Bukit Asam (PTBA) Tbk bersama PT Inalum Tbk, PT Timah Tbk dan PT Antam Tbk membuka program pendidikan vokasi jenjang Diploma 1 atau D1 untuk program beasiswa dengan nama Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam (AKIPBA).

AKIPBA yang berada dibawah naungan Yayasan Bukit Asam atau Bukit Asam Foundation (BAF) ini, memiliki tiga program studi yakni Teknik Pengoprasian Peralatan Tambang (TPPT), Teknik Pengolahan Hasil Tambang (TPHT) dan Teknik Perawatan Peralatan Tambang.

“Tahun ini, AKIPBA mulai melakukan penerimaan mahasiswa baru program beasiswa bagi pelajar yang berasal dari keluarga kurang mampu,” tutur Ketua Bukit Asam Foundation, Julismi melalui Sekretaris, H Amirudin Sapuan SH saat disambangi di ruang kerjanya, Selasa (15/05/2018).

Untuk proses seleksinya sendiri, terang Amirudin, akan segera dilakukan. Saat ini, telah ada sekitar 150 pendaftar. Nantinya, mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi masih akan dicek kembali dengan melakukan survey langsung ke rumah calon mahasiswa. Untuk memastikan apakah benar calon mahasiswa tersebut berasal dari keluarga kurang mampu.

“Nanti akan dilihat penghasilan orang tuanya, keadaan rumahnya dan sebagainya. Jika tidak memenuhi kriteria, maka tidak akan diterima,” terangnya.

Amirudin menjelaskan, pendirian AKIPBA berdasarkan intruksi Menteri ESDM RI No 22 tahun 2017 tentang pendirian pendidikan vokasi dan pelatihan kompetensi kepada perusahaan-perusahaan dibawah BUMN. Salah satunya PT Bukit Asam Tanjung Enim. Kemudian Bukit Asam Foundation dipercaya sebagai penyelenggara pendidikannya.

“Berdasarkan insturuksi Menteri BUMN, jadi setiap perusahaan wajib membentuk Akademi Komunitas untuk membuat sekolah bagi warga berprestasi. Namun tidak mampu secara ekonomi diwilayah operasi perusahaan, “lanjut Amir.

Dia melanjutkan, angkatan pertama ini akan menerima 24 siswa baru. Untuk jatah PT Bukit Asam Tbk sebanyak 9 siswa, dan sisanya dikirim dari PT Inalum Tbk, PT Timah Tbk dan PT Antam Tbk. Saat ini, masih dalam proses pendaftaran mahasiswa baru. Kemudian bagi calon mahasiswa baru bisa melakukan pendaftaran langsung di Kampus Jalan Bukit Munggu No 1 Tanjung Enim.

Amirudin menambahkan, bagi calon mahasiswa yang diterima akan mengikuti program pendidikan dengan komposisi 35 persen teori dan 65 persen praktek langsung. Seluruh biaya gratis sampai dengan asrama dan makan ditanggung oleh perusahaan,” terangnya.

“Diharapkan dengan adanya program ini bisa memberikan solusi kepada anak berprestasi tetapi tidak mampu. Serta program ini adalah bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat sekitar di Kabupaten Muara Enim,” tutup Amir.(Sw)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan