Ribuan Anggota Pramuka Ikuti Perkemahan Gebyar Wisata

Sekda Muara Enim Ir Hasanudin pose bersama seusai membuka Perkemahan Gebyar Wisata

  • SD Negeri 21 Tanjung Agung Ikuti Kegiatan Perkemahan

LAWANG KIDUL — Tercatat ribuan anggota pramuka dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Umum (SMU) ikut ambil bagian dalam kegiatan Perkemahan Gebyar Wisata yang digelar di Bangko Barat, Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Jumat (30/3/2018).

Kegiatan yang didukung penuh oleh Pemkab Muara Enim dan PT Bukit Asam Tbk tersebut, salah satunya bertujuan untuk mengenalkan Tanjung Enim sebagai Kota Wisata.

Ketua pelaksana kegiatan, Ambo Asse mengatakan, kegiatan perkemahan gebyar wisata ini tidak hanya diikuti peserta dari Muara Enim saja, tetapi dari kabupaten/kota lain juga turut berpartisipasi. Diantaranya OKI, Lahat, Pali dan Empat Lawang.

“Kegiatan ini memang dilaksanakan ditingkat kecamatan. Namun, mengundang peserta dari Sumsel juga. Kegiatan kemah gebyar wisata ini bertujuan memperkenalkan Kota Tanjung Enim sebagai kota wisata,” jelasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dari 27 Maret hingga 1 April 2017. Diisi berbagai kegiatan diantaranya, hari pertama mencari Rangking Saru, Out Bond, Tour Wisata Tambang.

“Hari kedua, akan diadakan kegiatan lomba misi sandi, penghijauan. Dan, pada hari ketiga akan diadakan lomba memasak (non beras), setelah itu dilakukan kegiatan penutupan dan setiap malam diadakan pentas seni selama kegiatan perkemahan ini berlangsung,” terangnya.

Sekda Muara Enim Ir Hasanudin beserta rombongan foto bersama seusai mengunjungi kemah milik SD Negeri 21 Tanjung Agung

Sementara itu, Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar diwakili Sekda Kabupaten Muara Enim Hasanuddin yang membuka resmi kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan perkemahan gebyar wisata dapat memantapkan eksistensi kegiatan kepramukaan.

Namun, lanjut dia, tantangan pramuka akan semakin berat. Dimana, ke depan pramuka sebagai pilar generasi muda ini dapat terlibat dalam menciptakan generasi muda yang berkarater dan menciptakan SDM yang berkualitas.

“Pendidikan formal saja tidaklah cukup untuk menjadikan generasi muda berkarakter, tetapi dengan adanya pramuka dapat mendorong generasi muda dapat menciptakan generasi muda lebih baik dan berkarakter tersebut,” pungkasnya Hasanuddin.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SD Negeri 21 Tanjung Agung, Candra Indrayati S Pd yang mendampingi siswa-siswinya mengikuti kegiatan perkemahan ini mengaku senang dengan diselenggarakannya kegiatan perkemahan ini. Karena selain mengenalkan Tanjung Enim sebagai Kota Wisata. Juga bisa menggali potensi para pelajar khususnya dibidang kepramukaan.

“Melalui kegiatan ini, pelajar bisa mengenal hidup bermasyarakat dan memiliki jiwa sosial atau kepedulian yang tinggi kepada sesama. Selain itu, bisa menumbuhkan jiwa tanggung jawab terhadap tugas yang diamanahkan,” ucap Candra.

Candra menerangkan, pada kegiatan perkemahan ini, sekolahnya mengirimkan sebanyak 20 peserta terdiri dari 10 regu putra dan 10 regu putri.

Siswa-siswi SD Negeri 21 Tanjung Agung beserta dewan guru pendamping foto bersama

“Kita berharap, kedepan kegiatan semacam ini dapat terus diselenggarakan, sehingga karakter dan mental para pelajar dapat terbentuk dengan baik selain dari kegiatan rutin di sekolah,” harapnya.

Berdasarkan pantauan, turut hadir pada kesempata itu, Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono SIK, Senior Manager CSR PTBA Kanthi Miarso dan Anggota DPRD Muara Enim Dwi Windarti, Kadin Pendidikan dan Kebudayaan Muara Enim Muzakar, Camat Lawang Kidul Drs Rachmad Noviar MSi, Ketua Kwaran Lawang Kidul H Safranudin BBA, para Majelis dan Pembina Pramuka Kabupaten Muara Enim serta tamu undangan lainnya. (Kalvin)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan