PTBA Jalin Kerjasama dengan ITB Dibidang Riset serta Pengembangan Energi dan Industri

TANJUNG ENIM — PT Bukit Asam Persero Tbk Tanjung Enim  menandatangani nota kesepahaman dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) terkait kerjasama riset dan pengembangan dibidang energi dan industri.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin dan Rektor ITB Prof Dr  Ir kadarsah Suryadi DEA, bertempat di Gedung Rektorat ITB Bandung, Rabu (23/05/2017).

Sekretaris Perusahaan (Sekper) PTBA Adib Ubaidillah mengatakan sesuai dengan visi PTBA untuk menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan, PTBA mendukung kajian untuk mengolah batubara menjadi beberapa produk derivatifnya sehingga PTBA merasa perlu untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak salah satunya dengan kalangan perguruan tinggi seperti ITB.

Dikatakan Adib, adapun bentuk kerjasama antara PTBA dengan ITB meliputi riset gasifikasi batubara dan riset gasifikasi biomassa untuk menghasilkan sintesis gas CO dan H2 untuk memproduksi metanol dan produk turunan batubara diantaranya dimetil ether Dme sejenis bahan bakar sebagai pengganti LPG olefin, amoniak dan urea.

Selain melaksanakan kerjasama pada bidang riset gasifikasi batubara kalori rendah dan gasifikasi biomassa, sambung Sekper, kerjasama lainnya juga dilakukan meliputi riset pembuatan karbon komposit dari bahan biomassa reset pembuatan fuel cell, riset pembuatan solar cell dan kerja sama dalam bidang pendidikan.

“Kita berharap dengan jalinan kerjasama ini, PTBA berharap  ITB akan mampu memperkaya ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang pemanfaatan batubara sehingga akan menghasilkan berbagai produk dari detivarifnya. Selain itu, kita juga berharap melalui kerjasama ini, PTBA dapat meningkatkan potensi bisnis dari hasil riset yang dijalankan bersama dengan ITB sebagai bagian dari strategi pengembangan bisnis beyond,” tutup ‎Adib Ubaidillah. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan