Tingkatkan Kemampuan Pengelola Kearsipan Melalui Kegiatan Sosialisasi

MUARA ENIM – Sebanyak 80 peserta dari perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Muara Enim mengikuti sosialisasi atau penyuluhan pengelolaan kearsipan yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten (DPK) Muara Enim, bertempat di Ballroom Hotel Griya Serasan Muara Enim, Rabu (17/05/2017).

“Kita berharap melalui sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman penataan arsip untuk tersedianya arsip yang autentik, terpelihara dan terprecaya di kabupaten Muara Enim,” tutur Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Muara Enim Ir Maryana pada kesempatan itu.

Kegiatan ini, terang Maryana, dibagi dalam dua angkatan yakni angkatan I dari 15 – 16 Mei  2017 dan angkatan II dari 17 – 18 Mei 2017. Adapun narasumbernya berasal dari Dinas Kearsipan Sumatera Selatan dan dari Arsip Nasional Muhamad Sumitro SH M AP selaku Direktur SDM Kearsipan dan Sertifikasi Arsip Nasional RI.

“Diharapkan juga melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan pengelola kearsipan di instansi atau unit kerja masing-masing sehingga penataan arsip pada unit kerja masing-masing dapat dilaksanakan sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar menyambut baik atas dilaksanakannya kegiatan sosialisasi atau penyuluhan yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan kabupaten Muara Enim.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa arsip adalah naskah-naskah yang dibuat dan diterima oleh lembaga-lembaga negara dan pemerintah dalam bentuk dan corak apapun baik dalam keadaan tunggal maupun kelompok dalam rangka pelaksanaan kegiatan pemerintahan termasuk juga naskah-naskah di Bandung dan diterima oleh badan-badan akan dorongan baik berbentuk arsip konvensional, kertas, arsip elektronik, suara atau gambar video yang harus dipelihara dan dilestarikan sebagai arsip sejarah pembangunan bangsa terutama di Pemerintah Kabupaten Muara Enim,” ucapnya. (Azhari)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan