Tingkatkan Minat Baca di Perpustakaan, Pemkab Muara Enim Gelar Lomba Story Telling Tingkat Pelajar

By: On:

Wabup Muara Enim H Nurul Aman didampingi Kadin DPK Ir Maryana, dari pihak Kejari, Polres Muara Enim dan Kodim saat membuka lomba Story Telling

MUARA ENIM – Dalam  rangka meningkatkan minat dan budaya membaca di perpustakaan bagi kalangan pelajar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Muara Enim mengadakan lomba Story Telling yang langsung di buka Wakil Bupati Muara Enim H. Nurul Aman SH bertempat di Ballroom Hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim, Senin (08/05/2017).

Kepala DPK Muara Enim, Ir a Maryana dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kegiatan Story Telling atau lomba bercerita dengan menggunakan suara, gambar dan lukisan dilaksanakan selama tiga hari terhitung dari 8  – 10 Mei 2017.

Adapaun tujuan dilakukan perlombaan ini, kata Maryana, agar para siswa atau para pelajar akan dapat menjadi pencerita dan pendongeng yang handal dengan menggunakan metode melalui bentuk lukisan sehingga kedepannya keterampilan dalam melukis akan lebih maju dan terampil.

Dalam kegiatan lomba ini selain kreatifitas  hal yang sangat ditekankan dalam pokok penilaian adalah penyajian makna cerita .

Kegiatan ini, paparnya, diikuti sebanyak 1920 orang yang terdiri dari 320 pelajar TK, 320 pelajar SD, 640 pelajar SMP dan  640 siswa pelajar SMA.

Wabup Muara Enim H Nurul Aman SH saat menyerahkan bantuan komputer dari Coca-cola Foundation

Bersamaan dengan kegiatan perlombaan Story Telling terang Maryana,  juga dilakukan penyerahan bantuan dari Perpuseru Cocacola Foundation  masing-masing tiga unit laptop untuk dua desa, yakni Desa Sumaja Makmur dan Sidomulyo Kecamatan Gunung Megang.

“Di tahun sebelumnya Perpuseru juga telah menyalurkan bantuan yang sama kepada empat desa yakni Desa Plakat Kecamatan Semende Darat Ulu, Desa Ujanmas Lama Kecamatan Ujanmas, Desa Lebak Budi Kecamatan Tanjung Agung dan Desa Tegal Rejo Kecamatan Lawang Kidul,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman SH mengatakan, kegiatan itu merupakan strategi untuk mengembangkan budaya baca, keterampilan dan pemahaman dikalangan generasi muda.

“Selain itu, sesuai amanat Undang-undang, pendidikan bertujuan untuk mengembangkan kemampuan potensi anak bangsa, agar dapat menciptakan sumber daya manusia yang kompetitif di era globalisasi,” ucapnya.

Tamu undangan yang hadir 

Oleh sebab itu, terang Wabup, penyelenggaraan pendidikan harus berdasarkan beberapa prinsip antara lain sebagai suatu proses pemberdayaan dan pengembangan budaya minat baca. Kedua prinsip ini harus saling menunjang.

“Terima kasih kepada Perpuseru atas bantuan yang diberikan, semoga kedepan akan terjalin kerjasama yang lebih baik.

Kemudian bagi para peserta yang akan mengikuti lomba agar diberi kesehatan dan ketekunan sehingga akan dapat mengikuti kegiatan tersebut mewakili sekolah masing-masing, bagi para dewan juri juga dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh disiplin dan tanggung jawab semoga pelaksanaan perlombaan tersebut dapat bermanfaat dan bisa di implementasikan di sekolah masing-masing,” harap Wabup ( ADV Humas & Protokol Pemkab Muara Enim/ Kalbadri)

Wabup Muara Enim H Nurul Aman SH dalam sambutannya

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan