Begini Cara Dinsos Muara Enim Tangani Orgil

MUARA ENIM – Pemkab Muara Enim melalui Dinas Sosial Kabupaten Muara Enim melakukan terobosan dalam menyembuhkan warga yang mengalami gangguan jiwa atau orang gila (orgil) dengan melakukan pendekatan program Home Care atau Rumah Peduli.

Saat ini, program tersebut telah menangani atau membina orgil sebanyak 40 orang yang dipasung diwilayah Kabupaten Muara Enim.

“Kita berharap melalui Home Care, orang yang mengalami gangguan jiwa bisa diterima kembali hidup normal ditengah masyarakat dengan dukungan dari keluarga dan masyarakat setempat,” tutur Kepala Dinas Sosial Kabupaten Muara Enim, M Teguh Jaya S Sos, saat dibincangi disela-sela acara Pelatihan Pengembangan Usaha Program Keluarga Harapan Kabupaten Muara Enim Tahun 2017, bertempat di Hotel Griya Sintesa Muara Enim, Senin (20/03/2017).

Program ini, terang Teguh, dilakukan secara berkelanjutan. Untuk enam bulan pertama, pihaknya akan melakukan pembinaan, pengobatan dan pendampingan langsung dengan mendatangi rumah warga yang mengalami gangguan jiwa tersebut.

Kemudian, enam bulan berikutnya, pihaknya terus berupaya melakukan pengobatan dan pendampingan sampai dirinya bisa sembuh total dan diterima kembali oleh keluarga dan masyarakat sekitarnya. Serta pihaknya juga akan melakukan pembinaan agar si penderita bisa hidup mandiri dan memiliki usaha melalui bantuan modal yang digulirkan.

“Saat ini kita telah menjalin kerjasama dengan Bina Laras Provinsi Bengkulu dalam menangani masyarakat penderita gangguan jiwa dimulai dari pengobatan, lalu pembinaan dan pendampingan sampai pemberian modal usaha setelah dirinya sembuh total,” terang Teguh. (Ws)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan