Curah Hujan Tinggi, Pangkal Jembatan Enim 3 Amblas

MUARA ENIM – Akibat intensitas hujan yang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir, menyebabkan pangkal Jembatan Enim 3 di Desa Karang Raja Kecamatan Muara Enim amblas sehingga tidak bisa dilintasi oleh kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Peristiwa amblasnya jembatan tersebut, terjadi sekitar pukul 04.00 Wib, Kamis dini hari (23/02/2017). Berdasarkan pantauan, Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman SH didampingi oleh Kepala Dinas PU Bina Marga A Yani, Kapolres Muara Enim AKBP Hendra Gunawan dan Kasat Lantas AKP Adik Listyo meninjau langsung jalan putus akibat longsor.

”Penyebab putusnya jalan penyangga menuju jembatan tersebut adalah akibat faktor alam yakni akibat intensitas hujan yang cukup tinggi. Kita lihat sendiri kondisi sungai Enim debit airnya tinggi sehingga membuat kondisi tanah pinggir sungai menjadi labil dan tergerus oleh air,” tutur Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman kepada para awak media, Kamis (22/02/2017).

Menurut Nurul, hal ini diperparah masih ada kendaraan yang melintas di atas jalan dan jembatan tersebut, padahal sudah dilarang melintas.

“Sudah dipasang rambu rambu agar jangan melintas, karena membahayakan keselamatan. Namun tetap saja ada yang nekat. Beruntung tak ada korban dalam peristiwa itu,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Muara Enim H A Yani Hariyanto menambahkan, Pemkab Muara Enim sudah menganggarkan perbaikan jalan dan jembatan di lokasi tersebut.

”Pemkab Muara Enim sudah menganggarkan untuk perbaikan, nilainya sekitar Rp 7 miliar dan sudah masuk pada proses lelang,” terang Yani.

Yani menuturkan, proses lelang akan selesai dalam waktu tujuh hari kedepan. ”Jika sudah ada pemenangnya, kita akan segera melakukan antisipasi. Namun, pekerjaan tersebut bisa dilakukan pada saat air sudah surut,” pungkasnya. (WS)

Wabup Muara Enim saat meninjau jembatan enim 3 yang amblas

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan