MTS Negeri Muara Enim Berkomitmen Tingkatkan Iptek dan Imtaq

MUARA ENIM, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTS N) Muara Enim terus berupaya meningkatkan kualitas dan mutu pendidikannya, baik berupa kegiatan akademik dan non akademik.

Salah satunya dibidang keagamaan, siswa-siswi MTS Negeri Muara Enim rutin mengikuti kegiatan pengajian bersama berupa pembacaan surat Yasiin dan surat-surat lainnya di Al-quran serta siraman rohani berupa ceramah agama.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari komitmen MTS Negeri Muara Enim dalam rangka membantu terwujudnya visi dan misi Kabupaten Muara Enim yang Sehat, Mandiri, Agamis dan Sejahtera atau Muara Enim SMAS. Serta salah satu upaya dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan (Imtaq) kepada Allah SWT dan kecintaan kepada baginda Rasulullah Nabi Muhammad SAW.

“Kita akan terus berupaya meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di MTS Negeri Muara Enim, baik di bidang ilmu pengetahuan dan teknologoli (Iptek) serta kualitas Imtaq,” tutur Kepala MTS Negeri Muara Enim Siti Sumaiti S Pd, M Pd I saat dibincangi kabarmuaraenim.com disela-sela pengajian rutin dan ceramah agama, bertempat di Halaman MTS Negeri Muara Enim, Jumat (21/10/2016).

Sebagai lembaga pendidikan yang mempunyai ciri khas Islam, terang Sumaiti, MTS Negeri Muara Enim memegang peran penting dalam proses pembentukan kepribadian anak didik. Karena melalui pendidikan madrasah ini para orang tua berharap agar anak-anaknya memiliki dua kemampuan sekaligus, tidak hanya pengetahuan umum (Iptek) tetapi juga memiliki kepribadian dan komitmen yang tinggi terhadap agamanya (Imtaq).

“Oleh sebab itu jika kita memahami benar harapan orang tua ini maka sebenarnya madrasah memiliki prospek yang cerah dalam dunia pendidikan,” terangnya.

Tampak siswa-siswi MTS Negeri Muara Enim saat mengikuti siraman rohani dan pengajian rutin jumat

Tampak siswa-siswi MTS Negeri Muara Enim saat mengikuti siraman rohani dan pengajian rutin jumat

Sisi lain, lanjutnya, jika dilihat dari kesejarahannya, madrasah memiliki akar budaya yang kuat di tengah-tengah masyarakat, untuk menuju Muara Enim yang Sehat Mandiri Agamis Sejahtera (SMAS), sebab itu madrasah sudah menjadi milik masyarakat.

“Apabila dewasa ini banyak ahli berbicara tentang inovasi pendidikan nasional untuk melahirkan pendidikan yang dikelola masyarakat atau community based management, maka madrasah dan termasuk juga pesantren merupakan model dari pendidikan tersebut,” jelasnya.

Pada tempat yang sama, salah seorang guru MTS Negeri Muara Enim, Zulfadli Azim S Pd mengatakan menentukan sekolah yang tepat dan terbaik untuk anak-anak merupakan langkah awal dalam mencapai cita-citanya. Harapan orang tua terhadap anak-anaknya tentunya agar kelak anak-anaknya menjadi orang yang sukses dalam hal materi dan agama tentunya.

“Agar suatu saat ketika orang tua sudah berusia lanjut anak-anak dapat memiliki ahlak yang baik dan adab yang baik terhadap orang tua. Nah, mentukan sekolah untuk anak-anak itu tidak boleh sembarangan, sebab di era modern seperti saat ini mudah sekali anak anak terpengaruh dengan gaya hidup yang tidak terkendali,” jelasnya. (Azhari)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan