SMKBA Potong 2 Kambing Untuk Melatih Siswa Berkurban  

MUARA ENIM,Sudah menjadi kebiasaan setiap tahun SMK Bukit Asam (SMKBA) Tanjung Enim memotong hewan kurban di hari raya Idul Adha. Tahun ini sekolah binaan Yayasan Bukit Asam tersebut berkorban 2 ekor kambing. Daging kambing kemudian dibagikan para siswa kepada warga yang tinggal di sekitar sekolah. Rangkaian kegiatan ini semuanya dilaksanakan oleh para siswa, OSIS, dan MPK pada hari Selasa, (13/09/2016) kemarin.

Kepala SMKBA, Hj Sri Indarti SPd, didampingi Waka Humas KM Lisa Kurniawati ST, dan pembina rohis, Fuad mengatakan, SMK Bukit Asam Tanjung Enim rutin setiap hari raya Idul Adha selalu menggelar acara penyembelihan hewan kurban. Hal ini untuk melatih kepekaan siswa terhadap sesama, dan memberikan pembelajaran kepada siswa untuk memaknai hakekat berkurban. Dikatakannya,tahun ini ada peningkatan, yakni 2 (dua) ekor kambing dari tahun lalu yang hanya 1 ekor kambing saja.

“Sasarannya mengajarkan anak didik untuk berbagi, dan paham tata cara berkurban. Makanya, dari prosesi penyembelihan, menguliti, menimbang daging, dan pendistribusian dilakukan oleh anak-anak. Kegiatan ini dilakukan rutin setiap tahun. Alhamdulilah tahun ini bisa dua ekor kambing, mudah-mudahan tahun depan bisa meningkat lagi,”kata Sri Indarti kepada media ini, Selasa (13/09/2016).

Harapannya, dengan kegiatan kurban ini mampu meningkatkan kepedulian siswa, dan guru untuk belajar iklas. Karena kurban ini tidak bisa dinilai dengan jumlahnya, namun kata dia, berkorban itu dinilai dari sisi ibadahnya.

“Kegiatan berkurban sebagai wujud syukur kepada Allah SWT, dan melatih siswa untuk berbagi kepada sesamanya. Meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allhah SWT, oleh karena itu setiap tahun SMK Bukit Asam melaksanakan kegiatan kurban,”imbuhnya.(pur)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan