Wabup Berharap Program BSPS Dapat Kurangi Jumlah Rumah Tidak Layak Huni

MUARA ENIM,Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman membuka secara resmi acara Sosialisasi Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), bertempat di Aula Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Muara Enim, Rabu (01/06/2016).

“Harapan kami dengan adanya Program BSPS ini dapat meringankan beban masyarakat dalam meningkatkan kualitas rumah sehingga jumlah tidak layak huni dapat berkurang secara bertahap,” tutur Wakil Bupati Muara Enim H. Nurul Aman dalam sambutannya.

Wabup mengatakan, setiap warga negara berhak memiliki tempat tinggal dan mendapat lingkungan hidup yang baik dan sehat. Selain merupakan kebutuhan dasar manusia, rumah juga berfungsi meningkatkan harkat, martabat, mutu kehidupan dan penghidupan. Selanjutnya, rumah juga sebagai pencerminan diri pribadi dalam upaya peningkatan taraf hidup serta pembentukan watak,karakter dan kepribadian bangsa.

Menurut Wabup, pembangunan perumahan dan permukiman jika dilakukan dengan benar akan memberikan kontribusi langsung terhadap peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan.

“Pembangunan perumahan dan permukiman harus didukung oleh suatu kebijakan, strategi dan program yang komprehensif dan terpadu sehingga selain mampu memenuhi hak dasar rakyat juga akan menghasilkan suatu lingkungan perumahan dan permukiman sesuai visi Kabupaten Muara Enim yang SMAS,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUCK Muara Enim Ir Ramlan Suryadi MT menjelaskan, Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya ini merupakan bentuk fasilitas pemerintah berupa bantuan sosial kepada masyarakat pra sejahtera.

“Tujuan bantuan stimulan adalah terbangunnya rumah yang layak huni dan lingkungan yang sehat serta aman bagi masyarakat berpenghasilan rendah,”tegas Ramlan.

Disebutkan Ramlan, jumlah rumah tidak layak huni Kabupaten Muara Enim 10.433 unit rumah yang tersebar di 20 Kecamatan dan sudah terealisasi mendapat bantuan dari tahun 2012 sampai 2015 sudah 3.710 unit rumah atau sudah 29 persen dan masih tersisa 6.723 unit rumah.

Pada Tahun 2016 ini, kata Ramlan, Kecamatan Ujan Mas mendapat Program BSPS sebanyak 257 unit rumah yang tersebar di 6 desa yakni, Desa Tanjung Raman, Desa Ujanmas lama, Desa Ujanmas Baru, Desa Pinang Belarik, Desa Muara Gula Baru dan Desa Muara Gula Lama.

“Sedangkan, Kecamatan lainnya, seperti, Kecamatan Rambang Dangku sebanyak 107 unit rumah, Kecamatan Belimbing 152 unit rumah,”terang Ramlan. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan