Pemkab Minta Investor Harus Serius Berinvestasi di Kabupaten Muara Enim

MUARA ENIM,Rapat paparan izin lokasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Babatan dan Karya Nyata oleh PT Mega Energi Karyatama di Ruang Rapat Kecil Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim, Rabu (18/5/2016) dipimpin oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Muara Enim, Drs. Bulgani Hasan.

Menurut Manager Operasi PT Mega Energi Karyatama, Jaenal Abidin, rencana pembangunan PLTMH Babatan/Pulau Panggung Kapasitas 2 x 2700 KW dan PLTMH Karya Nyata Kapasitas 2 x 2000 KW dengan luas masing-masing 10 hektar.

“Saat ini pihaknya masih status menunggu izin lokasi yang akan diterbitkan oleh Pemkab Muara Enim,” terangnya.

Asisten I Pemkab Muara Enim, Drs. Bulgani Hasan menyampaikan pada prinsipnya Pemkab Muara Enim menyambut baik rencana investor yang siap membangun PLTMH di wilayah Muara Enim. Namun, kata Bulgani, perusahaan yang ingin berinvestasi di Muara Enim harus mengikuti aturan dan persyaratan yang berlaku.

“Sebenarnya untuk Babatan sejak tahun 2011 sudah ada izin prinsip yang telah dikeluarkan oleh Bupati Muara Enim. Namun, kenapa tidak digunakan oleh PT Mega Energi Karyatama sehingga saat ini sudah mati status izinnya,” tanya Bulgani.

Dikatakan Bulgani, seharusnya perusahaan bisa memperpanjang izin prinsip sebelum kadaluarsa atau mati, sehingga tidak perlu lagi memulai proses dari awal. Kalau seperti ini, harus ganti perusahaan dengan memulai tahapan dari awal.

“Saat ini banyak perusahaan yang ingin masuk untuk berinvestasi di Kabupaten Muara Enim. Untuk itu, kita minta keseriusan investor kalau memang mau berinvestasi disini,” tegas Bulgani Hasan.

Warga di dua desa yakni Desa Babatan dan Desa Karya Nyata Kecamatan Semendo Darat Laut (SDL) Kabupaten Muara Enim hingga saat ini belum bisa merasakan aliran listrik dari PLN. Belum masuknya listrik di kedua desa ini dikarenakan kedua desa tersebut sulit dijangkau karena berada di perbukitan. Selama ini warga masih menggunakan mesin diesel (genset) sebagai alternatif pengganti PLN. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan