Pemkab Muara Enim Beri Perhatian Besar Pada Sektor Pendidikan

By: On:

Bupati Muara Enim Ir. H. Muzakir Sai Sohar saat menjadi Inspektur upacara Hari Pendidikan Nasional

MUARA ENIM, Bupati Muara Enim Ir. H. Muzakir Sai Sohar bertindak selaku inspektur upacara pada peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016, bertempat di lapangan Merdeka Muara Enim, Senin (02/05/2016).

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Bupati Muara Enim H. Nurul Aman, Sekda Muara Enim, Ir. Hasanuddin, Ketua PKK Muara Enim Dr. Hj. Shinta Muzakir Sai Sohar, Ketua DPRD Muara Enim Aries HB, Kapolres Muara Enim AKBP Nuryanto Sik, Kepala Kejaksaan Negeri Muara Enim Adyaksa Darma Yulianto, Dandim Muara Enim 0404, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muara Enim Drs Muzakar, para kepala SKPD dilingkungan Pemkab Muara Enim serta tamu undangan lainnya.

Bupati Muara Enim Ir. H. Muzakir Sai Sohar dan Wabup Nurul Aman beserta unsur muspida dan tamu undangan lainnya

Bupati Muara Enim Ir. H. Muzakir Sai Sohar dan Wabup Nurul Aman beserta unsur muspida dan tamu undangan lainnya

“Kita berharap mutu dan kualitas pendidikan di Kabupaten Muara semakin meningkat. sekarang ini prosentase anggaran di sektor pendidikan masih menempati peringkat tertinggi pada APBD Kabupaten Muara Enim,” tutur Bupati Muara Enim Ir. H. Muzakir Sai Sohar ketika ditemui disela-sela Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016.

Pemerintah Kabupaten Muara Enim, terang Bupati, memberikan perhatian besar terhadap mutu dan kualitas pendidikan di Kabupaten Muara Enim. Dimana, setiap tahun melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dialokasikan untuk program-program di sektor pendidikan, baik tingkat SD, SMP dan SMA/SMK.

Pemkab Muara Enim, lanjut Bupati, juga terus mengupayakan pembangunan gedung SD dan SMP yang baru. Disamping itu, telah dilakukan perbaikan sarana dan prasarana pendidikan di tingkat SD, SMP sampai dengan SMA/SMK.

Bupati Muara Enim saat menyerahkan hadiah dan piala kepada siswa, guru dan Kepsek berprestasi

Bupati Muara Enim saat menyerahkan hadiah dan piala kepada siswa, guru dan Kepsek berprestasi

“Kita berharap melalui peningkatan sarana dan prasarana tersebut akan mempermudah anak-anak kita memperoleh pendidikan di semua tingkatan pendidikan,” harap Bupati.

Pemkab Muara Enim, tambah Bupati, dari Tahun 2007 lalu sampai dengan saat ini telah membebaskan biaya sekolah dan pungutan lainnya dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK, baik negeri maupun swasta yang sepenuhnya di danai APBD Kabupaten Muara Enim.

Bupati Muara Enim Ir. H. Muzakir Sai Sohar saat menyampaikan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Anies Rasyid Baswedan, Ph.D mengatakan Hari Pendidikan Nasional dirayakan sebagai hari kesadaran tentang pentingnya kualitas manusia. Presiden Jokowi menggariskan Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani dunia dan akan berhasil dalam berbagai kompesi ega global jika tinggi kualitas manusianya.

Wabup Muara Enim saat memberikan hadiah kepada siswa, guru dan Kepsek berprestasi

Wabup Muara Enim saat memberikan hadiah kepada siswa, guru dan Kepsek berprestasi

“Keterampilan utuh yang dibutuhkan oleh anak-anak Indonesia di abad 21 mencakup tiga komponen yakni kualitas karakter, kemampuan literasi dan kompetensi,”kata Bupati.

Diulas Muzakir, karakter terdiri, karakter moral meliputi, nilai pancasila, keimanan, ketakwaan, integritas dan kejujuran. Karakter Kinerja, yakni, kerja keras, ulet, tangguh, rasa ingin tahu, inisiatif, gigih, kemampuan beradaptasi dan kepemimpinan.

“Kita tidak ingin anak indonesia menjadi anak yang jujur tapi malas, atau rajin tapi culas,”ungkap Muzakir.

Keseimbangan karakter baik ini akan menjadi pemandunya dalam menghadapi lingkungan perubahan yang menjadi begitu cepat. Manusia yang terdidik dan tercerahkan adalah kunci kemajuan bangsa.

Sekda Muara Enim Ir. Hasanudin saat Memberikan penghargaan kepada Kepsek berprestasi

Sekda Muara Enim Ir. Hasanudin saat Memberikan penghargaan kepada Kepsek berprestasi

Kemudian kata Muzakir, kemampaun literasi, diartikan, literasai dasar memungkinkan anak-anak meraih ilmu dan kemampuan tinggi serta menerapkannya kepada kehidupannya sehari-hari.

“Bila selama ini kita berfokus pada literasi baca dan tulis dan berhitung, maka harus diperkuat literasi sains, teknologi, finansial dan literasi budaya,”terang Muzakir.

Terakhir sebut Muzakir, adalah kompetensi, abad 21 menuntut masalah-masalah yang kompleks dan tidak terstruktur, maka anak-anak membutuhkan kompetensi, kemampuan, kreativitas, kemampuan, berpikir krtitis dan memecahkan masalah, kemampuan komunikasi serta kemampuan koloborasi.

Para pelajar saat mengikuti upacara Hardiknas

Para pelajar saat mengikuti upacara Hardiknas

“Proses bejarnya didapatkan melalui permainan dan petualangan. Saat anak melangkah masuk sekolah, ia mulai berhadapa dengan struktur dan berbagai peraturan sebagai bagian dari sebuah model masyarakat mini,”ujar Muzakir.

Kalau semua komponen itu telah dilaksanakan, makan kita akan memberikan ruang bagi anak-anak indonesia untuk berkontribusi, memajukan dirinya, memajukan masyarakatnya, memajukan kebudayaan bangsanya.

Diakui Muzakir, setiap anak lahir sebagai pembelajar, tumbuh sebagai pembelajar. Kita semua menyaksikan sendiri betapa anak-anak terlahir dengan rasa ingin tahu yang besar dan keberanian untuk mencoba.

Pose bersama kepada para siswa, guru dan Kepsek berprestasi di Kabupaten Muara Enim

Pose bersama kepada para siswa, guru dan Kepsek berprestasi di Kabupaten Muara Enim

“Rasa percaya dari orang dewasa kepada anak-anak untuk berkarya dan ikut membawa kebudayaan kita harus bergerak melangka maju adalah kunci kemajuan negara,”pungkas Muzakir.(Humas dan Protokol Pemkab Muara Enim).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan