Warga Semende Diminta Waspada Typus

SEMENDE, Selama musim penghujan ini masyarakat

  • di wilayah 3 Kecamatan Semende yakni Semende Darat Laut (SDL), Semende Darat Tengah (SDT) dan Semende Darat Ulu (SDU) diminta waspada penyakit typus. Penyakit ini bisa timbul pada musim penghujan, sehingga warga diminta untuk menjaga kebersihan, dan menjaga kesehatan.

    Kepala Puskesmas Fajar Bulan Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU) H Hairil Jonson SKm, meminta kepada masyarakat di wilayahnya untuk menjaga pola makan dan minum. Kemudian juga menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi terhindar dari bakteri dan kuman.

    “Penyakit yang diwaspadai selama musim penghujan adalah DBD dan Typus. Kita minta warga jaga pola makan yang sehat dan bersih dari kuman penyebab penyakit di pencernaan,” ungkap Jonson.

    Dikatakannya, Typus merupakan penyakit infeksi akut usus halus, disebabkan oleh sejenis bakteri Salmonella enterica, khususnya turunan Salmonella Typhi. Dengan gejala demam terus meningkat dari 38 derajat celcius, kurang nafsu makan, sakit kepala menggiil, sakit tenggorokan, mual dan muntah. Kemudian ada perubahan BAB, timbul bercak merah di perut, dan kesadaran menurun.

    “Jika warga mengalami gejala-gejala seperti itu langsung bawa ke Puskesmas atau Rumah Sakit. Agar segera mendapatkan perawatan dan pengobatan,” terangnya.

    Lanjut dia, penyakit typus ini bisa menular, melalui kuman masuk ke makanan atau minuman yang tercemar bakteri salmonella. Ketika kondisi tubuh tidak fit , daya tahan tubuh menurun sehingga mudah terserang penyakit ini. Kuman akan sampai di organ tubuh terutama hati dam limfa melalui peredaran darah. Di dalam hati dan limfa kuman ini akan berkembang biak sehingga menyebabkan rasa nyeri saat diraba. (Pur)

  • Subscribe

    Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

    No Responses

    Tinggalkan Balasan