Berhasil Berdayakan UMKM dan Ekonomi Lokal Daerah, PT. TeL PP Terima Penghargaan dari Kementerian Investasi/BKPM RI

Foto : Wakil Presiden Direktur PT. TeL PP, Nobuyuki Ihara pose bersama usai menerima penghargaan

MUARA ENIM – Kementerian Investasi/ BKPM RI memberikan penghargaan dan apresiasi kepada PT. Tanjungenim Lestari Pulp and Paper (PT. TeL PP) atas peran aktifnya dalam kegiatan kerjasama dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perusahaan lokal serta mendorong pemberdayaan ekonomi lokal di daerah.

Penghargaan tersebut diterima Wakil Presiden Direktur PT. TeL PP, Nobuyuki Ihara pada perhelatan acara Pendandatangan Perjanjian Kerja sama Kemitraan antara Perusahaan Besar dengan UMKM/Perusahaan lokal yang disaksikan Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia secara virtual dan Kepala Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal, Imam Soejoedi, bertempat di The Mulia Hotel Nusa Dua Bali, Jumat (16/12/2022).

Foto : Piagam penghargaan yang diterima PT. TeL PP

Prosesi penandatanganan kerjasama kemitraan sekaligus pemberian plakat dan sertifikat penghargaan kepada 18 perusahaan besar (PMA Dan PMDN) dan 35 UMKM/Perusahan lokal yang dilakukan di The Mulia Hotel Nusa Dua Bali.

Adapun pemilihan perusahaan besar dilakukan dengan pencalonan oleh masing-masing kabupaten melalui Dinas Perizinan (DPMPTSP) yang dilakukan pada September 2022 lalu. PT. TeL PP terpilih mewakili Kabupaten Muara Enim ke tingkat Provinsi Sumatera Selatan. Selanjutnya pada Oktober sampai Nopember 2022, PT Sucofindo selaku perusahaan BUMN yang ditunjuk oleh Kementerian Investasi /BKPM RI bekerjasama dengan DPMPTS melakukan seleksi kepada 6 perusahaan besar se Sumatera Selatan.

Lalu, dari hasil survey lapangan, pemeriksaan dokumen dan verifikasi data perusahaan besar maupun UMKM, PT. TeL PP memperoleh penilaian yang tertinggi, sehingga PT. TeL PP terpilih mewakili provinsi sumatera Selatan berikut 2 (dua) UMKM/Pengusaha lokal yang bermitra dengan PT. TeL PP ke tingkat pusat.

Foto : Apresiasi yang terima PT. TeL PP

Menteri Investasi Bapak Bahlil Lahadalia dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Perusahaan atas komitmen dan konsistensinya dalam menjalankan kolaborasi UMKM/Perusahaan lokal sebagai subjek dan objek pembangunan nasional di daerah.

“Kolaborasi penting dilakukan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja baru serta berinvestasi untuk memperkuat program-program pembangunan berkelanjutan yang memberikan dampak positif bagi masyarakat,” ucapnya.

Dirinya berharap, baik PMA/PMDN dan/atau BUMN dapat terus membantu pemulihan perekonomian nasional melalui kerjasama dan pengadaan barang dan jasa termasuk meningkatkan partisipasi para UMKM/Perusahaan local

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal, Imam Seojoedi mengatakan, bahwa semua memiliki tanggungjawab dalam rangka untuk menumbuhkembangkan ekonomi riil didaerah supaya perusahaan perusahaan besar dan UMKM di daerah terus semakin meningkat atau biasa di sebut naik kelas.

“Perusahaan yang mendapat penghargaan ini sudah melalui serangkaian proses tahapan waktu yang cukup panjang melalui seleksi dan verifikasi, baik administrasi berupa Pertemuan pertemuan, pemeriksaan dokumen, tinjauan langsung ke lapangan terhadap perusahaan besar dan perusahaan lokal/UMKM di daerah,” terangnya.

PT. TeL PP melakukan Kerjasama dengan UMKM sebagai bentuk dukungan terhadap program kemitraan Kementerian Investasi. Dengan adanya kerjasama ini, selama 2 tahun terakhir, PT. TeL PP menerima dua kali pembebasan pajak impor dan PPN atas peralatan dan mesin dari Kementerian Investasi/BKPM RI. (Sw)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan