HNU Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Foto : Pose bersama

MUARA ENIM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021, bertempat di Halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Jumat (01/10/2021).

Kegiatan yang berlangsung khidmat tersebut, didaulat sebagai Inspektur Upacara Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Dr H Nasrun Umar SH MM.

Pj Bupati Muara Enim Dr H Nasrun Umar SH MM yang akrab disapa HNU dalam sambutannya mengatakan, makna dari pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah sebagai Reminder bahwa pancasila ini muncul dari nilai-nilai kehidupan yang ada yang kemudian dijadikan suatu dasar dalam sikap hidup bangsa Indonesia atau sering disebut dengan way of life.

HNU menerangkan, kesaktian Pancasila telah terukur dan teruji terbukti dari sudah 76 tahun Indonesia berdiri dilandaskan atas Pancasila. Oleh karena itu, dirinya yakin Pancasila telah menyatu dihati sanubari para penyelenggara negara.

“Sudah seharusnya kita sebagai generasi penerus bangsa untuk selalu memperingati Hari Kesaktian Pancasila setiap tahunnya karena sejatinya pancasila yang menjadi dasar negara kita telah mengantarkan bangsa kita menjadi bangsa yang besar,” ucap HNU.

HNU menambahkan, Hari Kesaktian Pancasila, kata dia, memiliki makna sebagai hari perkabungan nasional karena adanya tragedi penculikan dan pembunuhan yang dilakukan oleh pemberontakan G30SPKI.

“Hari kesaktian pancasila ini memiliki makna sebagai hari berkabung nasioanla atas wafatnya enam pahlawan revolusi ini dan tak hanya itu pasca tragedi tersebut, terjadi pembersihan semua unsur pemerintahan dari pengaruh PKI mulai dari angota organisasi hingga simpatisan partai komunis ini,” pungkasnya. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan