Pemkab Muara Enim Beri Kemudahan Investor di Muara Enim

Foto : Pj Bupati saat meninjau rencana lokasi Pembangunan terminal batubara

MUARA ENIM – Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M., Nasrun Umar menyambut baik hadirnya investasi di Kecamatan Muara Belida melalui rencana pembangunan terminal khusus batubara oleh PT. Sinar Baru Mandiri (SBM).

Namun demikian dirinya mengingatkan perusahaan harus memberikan dampak peningkatan pembangunan, terutama bagi penduduk sekitar. Hal tersebut disampaikan Pj. Bupati dalam paparan Manajer Proyek PT. SBM, Syarifuddin, Jumat (30/07) di Hotel The 101, Kota Palembang.

Dalam keterangannya, Pj. Bupati yang didampingi ketiga Staf Ahli dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Riswandar, S.H., M.H., menekankan bahwa Pemkab. Muara Enim berkomitmen untuk memberikan kemudahan dan peluang bagi siapapun investor yang ingin membuka usahanya di Bumi Serasan Sekundang.

Termasuk PT. SBS yang berencana memanfaatkan lahan sekitar 25 hektar di tepi Sungai Meriak, Desa Tanjung Baru, Kecamatan Muara Belida sebagai dermaga dan terminal khusus bongkar muat batubara dengan kapasitas hingga 10 juta ton pertahun.

Namun Pj. Bupati mengingatkan manajemen perusahaan untuk mengakomodir 5 (lima) hal, yaitu memenuhi seluruh persyaratan teknis maupun administrasi sesuai ketentuan yang berlaku, komitmen tidak mencemari lingkungan, meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar melalui program tanggung jawab sosial, pengalokasian tenaga kerja lokal dan community development.

Kemudian perusahaan diminta menjalankan amanat Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Muara Enim Nomor 3 Tahun 2010 tentang Peran Serta Badan Usaha Untuk Peningkatan Pembangunan di Kabupaten Muara Enim dan terakhir melaksanakan koordinasi maupun komunikasi yang baik dengan dinas/instansi terkait.

Sementara itu Manajer Proyek PT. SBM mengucapkan terima kasih atas dukungan Pj. Bupati. Dirinya berjanji akan memenuhi seluruh persyaratan dan berkomitmen turut memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Selanjutnya Pj. Bupati dan rombongan didampingi Camat Muara Belida dan Kepala Desa Tanjung Baru langsung meninjau rencana lokasi, termasuk rencana jalan akses alternatif kendaraan menuju proyek terminal PT. SBM. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan