Gubernur Sumsel Bersama Pj Bupati Muara Enim Resmikan Jaringan Listrik PLN di Semende

Foto : Gubernur Sumsel dan Pj Bupati Muara Enim saat meresmikan jaringan listrik di Semende

MUARA ENIM – Masyarakat tiga Desa di Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU) Kabupaten Muara Enim patut berbangga, karena keinginan mereka untuk memiliki jaringan listrik dapat terwujud.

Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru bersama Pj Bupati Muara Enim Dr H Nasrun Umar SH MM meresmikan penggunaan jaringan Listrik PT PLN (Persero) di Desa Pelakat, Desa Danau Gerak dan Desa Tanjung Agung Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim, bertempat di Desa Pelakat, Selasa (27/07/2021).

Berdasarkan pantauan, pada kegiatan tersebut juga digelar panen padi bersama di Desa Pelakat. Lalu, dilanjutkan penyerahan bantuan sosial kepada masyarakat di tiga kecamatan Semende Raya yang terdampak Covid-19. Kemudian dilanjutkan dengan panen kopi bersama.

Turut hadir pada kesempatan itu,  Kapolres Muara Enim, Dandim 0404, Anggota DPRD, Unsur Muspida, Muspika Serta Pemerintah Desa Setempat.

Pj. Bupati Muara Enim Dr H Nasrun  Umar, SH MM mengucapkan terima kasih atas kedatangan Gubernur Sumsel serta kepada PT. PLN (Persero) yang dihadiri oleh General Manager PT. PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu, Bambang Dwiyanto dalam rangka meresmikan jaringan listrik di Semende.

Pj Bupati menjelaskan bahwa rasio desa berlistrik di Kabupaten Muara Enim saat ini sebesar 99,6 persen dan rasio kepala keluarga atau rumah tangga berlistrik sebesar 87,97 persen, dengan adanya penambahan jaringan listrik sebanyak 4.419 kepala keluarga.

“Maka akan meningkatkan nilai total rasio elektrivikasi Sumsel dari 98,01persen menjadi 99,00 persen dan secara spesifik peningkatan rasio desa berlistrik PLN naik dari 98,77 persen menjadi 98,89 persen,” terangnya.

Selain meresmikan jaringan listrik, Pemkab Muara Enim juga mendapat bantuan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility PT. PLN (Persero) sebesar Rp. 170.000.000,- (seratus tujuh puluh juta rupiah) untuk pengembangan 7 kegiatan sarana dan prasarana di Kampung Malaka, Desa Kertamulya di Kecamatan Gelumbang.

“Saya berharap agar sentuhan dari Gubernur Sumatera Selatan dan juga PT. PLN (Persero) untuk dapat menambah jaringan listrik di Dusun IV Desa Babatan Kecamatan SDL, Desa Segamit, Desa Tanjung Tiga Kecamatan SDT,” harapnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru alias HD menyebut pentingnya ketersediaan listrik sebagai kebutuhan utama yang mendorong terhadap kemajuan sektor lainya.

“Pembangunan jaringan listrik oleh PT PLN ini tentu tidak akan berjalan maksimal jika masyarakatnya tidak mendukung. Masyarakat disini merelakan sedikit lahannya dilewati jaringan listrik,” ucapnya.

Ditambahkan oleh Gubernur HD, Bukan hanya pencapaian listrik desa, Namun juga terkait dengan tata kelola niaga termasuk pengembangan potensi desa berupa perkebunan kopi dan perkebunan lainnnya. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan