Muara Enim Siap Wujudkan Sumsel Lumbung Energi Nasional

Foto : Gubernur Sumsel saat meninjau PLTU Sumsel 8

 

MUARA ENIM – Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim, Drs Emran Tabrani M Si beserta Asisten Perekonomian dan Pembangunan Riswandar SH MH, Sabtu siang (13/03/2021) mendampingi Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru meninjau proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sumsel 8 di Desa Tanjung Lalang, Kecamatan Tanjung Agung.

Proyek PLTU berkapasitas 2×660 megawatt yang dibangun oleh PT Huadian Bukit Asam Power (HBAP), perusahaan konsorsium kerja sama antara PT. Bukit Asam (45%) dan China Huadian Corporation (55%) ini direncanakan rampung pada Maret 2022 mendatang dan akan menjadi salah satu pemasok utama energi listrik nasional.

Dihadapan Gubernur, Plt Sekda menegaskan bahwa Pemkab. Muara Enim mendukung penuh kegiatan pembangunan infrastruktur dari proyek strategis nasional (PSN) ini.

“Selain terpenuhinya pasokan energi di Kabupaten Muara Enim dan nasional, kami berharap kehadiran PLTU juga dapat memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan masyarakat sekitar melalui penyerapan tenaga lokal maupun menjadi pemicu pertumbuhan perekonomian daerah,” ucapnya.

Apalagi menurutnya, setelah Tanjung Lalang ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) oleh pemerintah pusat dan tersambungnya jalan akses pendukung tol dari Simpang Kepur ke Tanjung Lalang, maka dirinya yakin kawasan ini maju dan bernilai investasi tinggi.

“Dengan segala potensi yang ada, maka Kabupaten Muara Enim siap mewujudkan Sumsel sebagai lumbung energi nasional,” tegasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru menjelaskan, bahwa PLTU mulut tambang terbesar di Indonesia dengan luas 105 hektar ini nantinya akan mampu memenuhi pasokan listrik di Sumatera serta mendukung cadangan listrik Jawa dan Bali.

“PLTU yang telah mencapai progres 72 persen ini akan menjadi kebanggaan bagi Sumsel dan pada waktunya nanti sesudah perjanjian konsorsium berakhir, maka seluruh aset PLTU akan menjadi milik Sumsel melalui pengelolaan PTBA,” harapnya. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan