Dituding Pungli Dana Desa, Kasi PMD Panang Enim Sampaikan Klarifikasi

Foto : Kasi PMD Kecamatan Panang Enim, Efia Apriani

MUARA ENIM — Terkait pemberitaan salah satu media online yang berjudul “Tangkap Gerombolan atau Pejabat Begal Dana Desa di Kecamatan Panang Enim Kab. Muara Enim”, Senin, (16/11/2020). Efia Apriani yang namanya disebut dalam berita memberikan klarifikasi.

Efia Apriani yang menjabat Kasi PMD Kecamatan Panang Enim Kabupaten Muara Enim mengatakan, pemberitaan tersebut sangat merugikan dia dan keluarganya.

“Pemberitaan yang telah diterbitkan media Rajawalinews.online itu sangat tendensius dan merugikan saya. Pasalnya dalam pemberitaan menyebutkan adanya pembegalan (pungli) dalam setiap pencairan Dana Desa (DD) yang dilakukan oleh saya,” jelas Efia kepada awak media (17/10/2020) sore.

Efia menuturkan, media tersebut meminta konfirmasi kepadanya melalui telpon whatsap terkait ada dugaan pembegalapan dana desa.

“Saat itu saya jawab, Demi Allah pak, saya tak pernah memotong setiap pencairan DD. Tapi dalam pemberitaan, media tersebut justru menuduh saya melakukan pungli DD sebesar lima juta per Kades. Tuduhan itu keji sekali,” ujarnya.

Efia secara tegas meminta agar media tersebut minta maaf secara terbuka. “Akibat dari pemberitaan ini saya dan keluarga merasa shock dan malu. Saya bersumpah demi Allah tidak pernah melakukan perbuatan seperti yang dituduhkan media tersebut, dan jika dalam 1X24 jam media tersebut tidak meminta maaf maka saya dan keluarga akan mengambil langkah untuk menempuh ke jalur hukum,” kata dia.

Para Kades se-Kecamatan Panang Enim pose bersama usai penandatanganan pernyataan sikap

Para Kepala Desa se-Kacamatan Panang Jaya membenarkan terkait yang disampaikan Efia. Sebanyak 12 Kades bahkan membuat pernyataan diatas meterai yang pada intinya tak pernah diminta atau memberi uang kepada Efia setiap pencairan DD.

Perwakilan Kades Panang Enim, Umi Kalsum yang juga Kades Tanjung Baru mengatakan, setiap pencairan DD berdasarkan telex dari Dinas PMD Kabupaten Muara Enim.

Ditegaskan Umi, setiap pencairan tak pernah ada potongan dari manapun juga. “Jika diperlukan untuk dimintai keterangan soal pencairan DD, saya bersedia memberikan keterangan kepada pihak yang membutuhkan,” tegasnya.

Sementara itu, David Sanjaya dari Rajawalinews.online ketika dikofirmasi melalui telpon whatsapnya mengatakan, apa yang mereka beritakan sesuai fakta.

“Ketika kami konfirmasi, yang bersangkutan mengatakan dirinya sibuk,” ujar David singkat. (Ril)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan