Dinilai Arogan, Warga Desa Sumber Rahayu Minta Plt Bupati Muara Enim Berhentikan Kades

Foto : Suasana pertemuan antara perwakilan warga Desa Sumber Rahayu dengan Sekda Muara Enim 

 

MUARA ENIM – Sekelompok massa mengatasnamakan warga Desa Sumber Rahayu Kecamatan Rambang Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan mendatangi Kantor Pemkab Muara Enim, Senin (07/09/2020).

Dalam tuntutannya massa meminta Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH agar memberhentikan Kepala Desa (Kades) Desa Sumber Rahayu atas nama Mat Kanta, karena dinilai arogan kepada masyarakat dan tidak mendukung kegiatan-kegiatan keagamaan ditengah masyarakat desa.

Pada kesempatan itu, perwakilan massa diterima Sekda Muara Enim Ir H Hasanuddin didampingi para Kepala SKPD terkait dikawal jajaran Polres Muara Enim.

“Kita meminta pak bupati memecat Kades Desa Sumber Rahayu, karena dinilai merugikan masyarakat diantaranya tidak memperbolehkan acara islamiah santunan anak yatim. Selain itu, oknum kades telah melakukan tindakan tidak terpuji dengan warga seperti memaki-maki serta mengintimidasi warga,” tutur salah seorang perwakilan warga.

Sekarang ini, kata dia, masyarakat telah bersepakat untuk tidak lagi mau dipimpin oleh oknum Kades tersebut. Hal ini dibuktikan dari jumlah tanda tangan warga yang menyetujui agar Kades yang bersangkutan tidak lagi melanjutkan kepemimpinannya.

“Desa Sumber Rahayu memiliki 3.135 mata pilih. Sudah 70 persen dari mata pilih tersebut atau sebanyak 2.194 mata pilih yang tanda tangan tidak setuju Kades melanjutkan kepemimpinannya,” terangnya.

Dirinya menambahkan, bahwa permasalahan ini telah disampaikan ke Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sumber Rahayu serta difasilitasi oleh pihak Kecamatan. Namun tidak ada perubahan sikap dan perilaku dari Kades yang bersangkutan.

“Oleh karena itu, kita hari ini meminta kepada Plt Bupati Muara Enim untuk memecat Kades yang bersangkutan,” ucapnya.

Sementara itu, Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Ir H Hasanuddin MSi mengatakan, Pemerintah Kabupaten Muara Enim menerima aspirasi tersebut dan akan ditindak lanjuti sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Plt Bupati berpesan kepada masyarakat Desa Sumber Rahayu untuk jaga situasi dan kondisi agar tetap aman dan terkendali,” ucap Sekda Hadanuddin. (Sw)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan