Diduga Konsleting Listrik, Tiga Rumah di Desa Muara Gula Lama Ludes Terbakar

UJANMAS – Musibah kebakaran yang menghanguskan tempat tinggal warga berikut isinya kembali terjadi di bumi Serasan Sekundang.

Pagi ini Kamis (14/02/2019), sekitar pukul 11.00 Wib, dua buah rumah warga milik Indra Neharis (47) dan Hasidin ( 50) yang beralamat di Kampung 1 Desa Muara Gula Lama Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Muara Enim ludes dilalap si jago  merah. Sementara rumah warga lainnya Khairul Anwar (52) mengalami rusak berat terkena sambaran kobaran api.

Peristiwa kebakaran ini, beruntung  tidak menelan  korban jiwa. Namun barang-barang berharga  termasuk perabotan ikut terbakar dan rusak akibat kebakaran tersebut.

Dahsyatnya kobaran api yang meluluh lantakkan rumah di kawasan padat penduduk tersebut, karena material rumah kebanyakan terbuat dari kayu yang kondisinya juga sudah mulai lapuk termakan usia, sehingga api cepat melalap tempat tinggal termasuk isinya.

Kobaran api berhasil di jinakkan sekitar pukul 12.30 Wib, setelah masyarakat berjibaku dengan menggunakan peralatan seadanya serta  empat unit kendaraan pemadam kebakaran  dari Dinas Pemadam Kebakaran  Kabupaten Muara Enim dan dari PT BA Tanjung Enim.

Kepala Desa (Kades) Muara Gula Lama,  Ripul saat di konfirmasi mengatakan bahwa, peristiwa kebakaran tersebut menghanguskan dua rumah  warganya yaitu milik Indra Neharis dan Hasidin. Sementara yang satunya milik Khairul mengalami rusak berat terkena sambaran api.

“Kejadian ini tidak menelan korban jiwa sebab saat terjadi kebakaran, penghuninya  sedang berada di  kebun dan sedang mandi sehingga  bisa selamat,” tutur Ripul.

Berdasarkan informasi warga sekitar, ungkap Ripul, api tersebut tiba-tiba  sudah membesar dan sudah berada di atap rumah yang dugaan sementara api itu berasal dari listrik yang konslet.

Untuk sementara ini,  korban kebakaran tinggal di rumah keluarga masing-masing termasuk barang-barang yang bisa di selamatkan juga sudah di amankan.

“Kita berharap, kiranya pihak PLN melakukan  pengecekan instalasi listrik di rumah-rumah penduduk. Sebab mayoritas terjadinya kebakaran diduga di sebabkan konsleting listrik,” terangnya.

Sementara itu, Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono melalui Kasubag Humas Polres Muara Enim Ipda Muhammad Yarmi membenarkan peristiwa kebakaran tersebut.

“Penyebab kebakaran diduga dari konseleting listrik dibagian di rumah milik Indra Neharis. Jumlah kerugian belum bisa ditaksir karena pihak korban masih dalam keadaan shok,” pungkasnya. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan