Tumbuhkan Prilaku Hidup Sehat Melalui Cuci Tangan

MUARA ENIM – Kebiasaan mencuci tangan harus ditanamkan sejak usia dini hingga dewasa, karena salah satu penyebab munculnya bakteri penyakit berawal dari tangan.

“Kita ketahui bahwa sumber penyakit atau bakteri yang akan masuk ke tubuh kita melalui tangan. Karena itu, kita harus selalu membiasakan mencuci tangan setiap saat,” tegas Direktur RSUD HM  Raba’in Muara Enim dr Hj Alfa Siti Azizah melalui Oku M Kes saat membuka dancer lomba cuci tangan, bertempat di Gedung Serba Guna RSUD HM Raba’in Muara Enim, Senin 26/11/2018).

Dikatakan Oku, kebiasaan ini harus selalu ditanamkan dan di biasakan dari usia dini hingga dewasa, sebab cara inilah yang sangat optimal untuk mencegah sumber penyakit masuk ke dalam tubuh kita.
Oleh karena itu.

“Saya menghimbau kepada orang tua, guru dan masyarakat agar selalu mengajak anak-anak  membudayakan cuci tangan terlebih  saat akan mengambil makanan,” ajaknya.

Perlombaan dancer cuci tangan ini, terang Oku, salah satu cara untuk mengenalkan kepada masyarakat dan anak-anak bagaimana menjaga pola hidup bersih dan sehat agar terhindar dari penyakit.

Sementara itu, Ketua pelaksana kegiatan dr Dini Ardiyani mengatakan, bahwa menjaga kesehatan salah satu caranya adalah  bagaimana menjaga  perilaku hidup yang baik, diantaranya mencuci tangan dengan sabun.

Tampak peserta lomba dari RA Perwanida didampingi dewan gurunya

Kemudian, kata Dini , pelaksanaan lomba dancer ini diikuti peserta dari Paud/TK sebanyak 14 regu, tingkat SD berjumlah 13 regu, SMP 20 , SMA 15 regu dan instansi/karyawan  29 regu.

Dilaksanakannya lomba ini, terangnya, agar masyarakat terutama anak-anak dapat mencegah dan menekan sumber penyakit dan itu harus  di mulai dari diri kita sendiri untuk selalu menjaga pola  hidup bersih.

“Kemudian bagi para pemenang, nantinya akan di berikan penghargaan dan tropi . Oleh sebab itu, kepada dewan juri dan panitia selamat  menjalankan tugas. Sementara bagi peserta kami aturkan selamat bertanding semoga sukses,” terangnya.

Milda (40), salah seorang orang tua peserta dari RA Perwanida, saat di bincangi menyambut baik perlombaan ini,  sebab selain menjaga kebugaran dengan gerakan-gerakan cara mencuci tangan.

“Kegiatan ini juga dapat memberikan edukasi kepada semua orang, khususnya anak-anak dan orang tua  untuk membiasakan mencuci tangan saat usai beraktifitas dan akan memegang makanan,” harapnya. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan